West Java Forest Festival 2023 Mendorong Keterlibatan Masyarakat dalam Konservasi Hutan

West Java Forest Festival 2023 Mendorong Keterlibatan Masyarakat dalam Konservasi Hutan

West Java Forest Festival 2023 Mendorong Keterlibatan Masyarakat dalam Konservasi Hutan--

BANDUNG - Dengan gemilang, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meresmikan perhelatan West Java Forest Festival 2023 yang digelar di Taman Ir. H Juanda, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

 

Ridwan Kamil, yang akrab disapa Kang Emil, menekankan bahwa pemanfaatan hutan tidak hanya memiliki nilai ekologis, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi kesinambungan ekosistem di dalamnya.

 

"Acara ini adalah hasil dari arahan langsung dari saya. Mengapa? Karena hutan haruslah multifungsi. Pertama, fungsi ekologis yang tentu saja akan menghasilkan banyak sumber air dan juga mendukung kelestarian fauna di dalamnya," ungkap Emil pada Minggu, 20 Agustus 2023.

 

Selain itu, Gubernur Jawa Barat ini juga menegaskan pentingnya upaya bersama dalam menjaga kelestarian hutan. Langkah ini penting untuk mengurangi lahan kritis yang berdampak merugikan masyarakat.

 

BACA JUGA:Raih Podium Berkali-kali, Veda Bawa Indonesia Berjaya di Seri Perdana IATC 2023

 

"Adanya ruang seperti ini di tengah-tengah perkotaan yang padat adalah sangat penting, agar kita dapat menghindari masalah lahan kritis dan sekaligus mengendalikan aliran air. Tetapi, tentunya harus diingat, tanpa merusak lingkungan sekitar," tambahnya.

 

Dalam rangka mengatasi lahan kritis yang tersebar di wilayah Jawa Barat, pemerintah menargetkan penanaman sekitar 50 ribu pohon di setiap kabupaten dan kota. Upaya ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi ekologis melalui keberadaan hutan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: