Kebakaran TPA Sarimukti Mulai Membaik, Ridwan Kamil Imbau Warga Terdampak Mengungsi

Kebakaran TPA Sarimukti Mulai Membaik, Ridwan Kamil Imbau Warga Terdampak Mengungsi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaksanakan pemantauan udara dan lapangan terkait kebakaran TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat, Jumat (25/8/2023).--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta, warga yang terdampak kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sarimukti mengungsi. 

Ridwan Kamil pun meminta, pemerintah Kabupaten Bandung Barat sigap dalam melakukan menangan. 

Diketahui bahwa Gubernur Ridwan Kamil turun langsung memimpin upaya penanganan kebakaran di TPA Sarimukti yang berlokasi di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (25/8/2023). 

Menurutnya, kebakaran yang terjadi per hari ini sudah lebih baik. Ini terlihat dari beberapa titik api yang sudah padam. 

BACA JUGA:Bus Rombongan Wisata dari Bekasi Terguling di Ciamis, 4 Penumpang Dilarikan ke Rumah Sakit

"Sarimukti per hari ini situasi lebih baik dari kemarin, titik-titiknya sudah banyak yang berhasil dipadamkan," ujar Gubernur Ridwan Kamil. 

Menurutnya, upaya pemadaman akan terus dilakukan di titik-titik lainnya dengan mengerahkan sementara 12 truk pemadam kebakaran di seluruh Jabar. 

Selain itu, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil juga mengatakan, proses pemadaman akan menggunakan air yang bakal dicampur dengan bahan khusus. 

BACA JUGA:Kepergok Oplos Gas Subsidi, Toko di Karawang Wetan Ini Digerebek Polisi, 4 Orang Diangkut

Hal itu dilakukan lantaran kandungan gas metan di bawah gunungan sampah menyulitkan proses pemadaman yang sudah berhari-hari dilakukan. 

"Karena kita tahu tumpukan sampah ini ada gas metan yang panas dan menimbulkan potensi kebakaran kalau ada oksigen. Jadi airnya bukan H2O biasa, tapi sudah tercampur sesuatu yang sangat istimewa," ungkapnya. 

BACA JUGA:Tanki Gas Sumur Jatinegara di Jatiraden Kota Bekasi Meledak, Satu Pekerja Tewas dan 11 Rumah Retak

Menyoal penumpukan sampah di kawasan Bandung Raya yang terjadi imbas kebakaran di TPA Sarimukti, Gubernur Ridwan Kamil akan membuat lokasi penampungan sampah perkotaan sementara. Tempatnya tidak jauh dari TPA Sarimukti. ***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: