Jelang Purna Tugas, Berikut Profil Dan Prestasi Ridwan Kamil Selama Memimpin Jawa Barat

Jelang Purna Tugas, Berikut Profil Dan Prestasi Ridwan Kamil Selama Memimpin Jawa Barat

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. (Foto: Okky firmansyah/Disway.id)--

Jabar, Disway.id- Masa tugas Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berakhir pada 5 September 2023, mendatang. Diketahui Ridwan Kamil telah mengemban amanah sebagai orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat dengan masa jabatan 2018-2023.

Mengutip jabarprov.go.id, berita acara pemberhentiannya pun telah ditandatangani oleh pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat dan Ridwan Kamil pada Selasa (1/8/2023) lalu.

Kepada masyarakat Jabar, Kang Emil sapaannya, mengucapkan permohonan maaf apabila masih ada pembangunan yang belum maksimal.

BACA JUGA:7 Hari Jelang Kedatangan PJ Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kmil: Siapapun PJ nya Jabar Tetap Juara

Bersama jajarannya, ia menyebut telah berupaya untuk berkerja keras menjadi pemimpin yang amanah dan membawa kesejahteraan masyarakat.

"Kepada masyarakat Jabar, kami mohon maaf lahir batin kalau selama 5 tahun ada kekurangan. Kami sudah bekerja keras," kata Kang Emil.

Berikut profil Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang masa tugasnya berakhir pada 5 September 2023:

BACA JUGA:Jalan Politik Ridwan Kamil Setelah Gubernur Jabar

Profil Ridwan Kamil

Pemilik nama lengkap Mochamad Ridwan Kamil ST MUd ini lahir di Bandung, 4 Oktober 1971. Ia menikah dengan Dr Hj Atalia Praratya SIP MIKom atau biasa disapa Ibu Cinta pada 1996 dan dikaruniai dua anak.

Kedua anaknya yakni Emmeril Kahn Mumtadz (almarhum) dan Camillia Laetitia Azzahra. Melansir partaigolkar.com, Kang Emil adalah putra dari pasangan Dr Atje Misbach SH dan Dra Tjutju Sukaesih.

Ia adalah anak kedua dari lima bersaudara. Sejak kecil, kang Emil dikenal sebagai anak yang cerdas dan aktif. Semasa kecil ia sudah bisa menjual es mambo buatan tangannya sendiri. Memiliki jiwa yang perkerja keras dan pantang menyerah membuat Kang Emil dikenal sebagai entrepreuner sukses.

BACA JUGA:Selesai Jabatan Gubernur, Ridwan Kamil Bertekad Tak Berhenti Bangun Masjid

Kang Emil adalah putra Bandung sejadi.

Sejak kecil ia bersekolah di SDN Banjarsari III Bandung pada 1978-1984. Ia lalu melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMPN 2 Bandung sejak tahun 1984.

Tiga tahun kemudian, pada 1987, ia bersekolah di TSMA Negeri 3 Bandung hingga 1990. Lulus dari bangku SMA, Kang Emil melanjutkan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) Teknik Arsitektur dan lulus pada 1995 dengan gelar Sarjana.

Empat tahun kemudian, ia melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi dengan gelar Master of Urban Design University of California, Berkeley, AS, 1999-2001.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Klaim Ekonomi Jawa Barat Sudah Pulih, Investasi Masuk Hingga 103 Triliun

Banyak penghargaan yang telah Kang Emil raih.

Ia masuk dalam daftar The 6th Winner of The Best Design Architecture Consultant, Citradata Award. Tahun 2010, ia Juara 3 Design Competition Suramadu Mosque.

Pada tahun yang sama, Kang Emil juga mendapatkan BCI Asia Top Ten Architecture Business Award dan masuk lima besar sebagai Best Building of The Year 2010 from ArchDaily for Al-Irsyad Mosque. Pada 2011, ia mendapatkan penghargaan Green Leadership Award for Al-Irsyad Mosque from BCI Asia.

Selanjutnya, pada tahun 2012, ia berhasil mendapatkan tiga penghargaan sekaligus yakni Winner International Young Design Entrepreneur of the Year from British Council Indonesia.

BACA JUGA:Jabar Terbaik di Bidang Olahraga Lima Tahun Kepemimpinan Ridwan Kamil

Juga Indonesia Green Awards “Penghargaan Penginspirasi Bumi”, Green Building Rasuna Epicentrum.

Kang Emil juga menjadi Tokoh Muda Kreatif dalam Pikiran Rakyat Award 2012. Tahun 2013, ia mendapatkan penghargaan Urban Leadership Award dari Univ Pensylvania, AS.

Banyaknya penghargaan ini membuat Kang Emil dipercaya menjadi Dosen di ITB. Tahun 2013, ia dipercaya menjadi Walikota Bandung periode 2013-2018. Lalu menjadi Gubernur Jawa Barat periode 2018 – 2023.

BACA JUGA:Apresiasi Karnaval Pesona Nusantara Kota Bekasi, Ridwan Kamil: Keren dan Luar Biasa

Hasil Kinerja Ridwan Kamil

Selama menjadi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah menorehkan banyak prestasi dan penghargaan. Setidaknya sudah ada 541 penghargaan yang diraih Provinsi Jawa Barat di berbagai bidang.

"Silakan dimonitor sebelum dan sesudahnya terjadi perubahan yang signifikan," sebut Kang Emil.

Pencapaian yang paling dibanggakan bagi Kang Emil adalah keberhasilan menghilangkan desa miskin dari seribuan lebih menjadi nol desa miskin selama 4 tahun.

BACA JUGA:Momen Gubernur Ridwan Kamil Jadi Inspektur Upacara HUT RI Terakhir Kali

Kemudian reformasi birokrasi di Pemda Provinsi Jabar menjadi yang terbaik se-Indonesia. "Lain-lain di 540-an itu tapi dua terbesarnya itu dan juga menjaga ekonomi Jabar terbaik."

"Kalau infrastruktur Tol Cisumdawu yang 12 tahun menunggu selesai di era kami, kereta cepat juga Bandara Kertajati yang sudah bisa aktif," jelas Kang Emil.

Selain itu, tengah dan akan diresmikan beberapa objek seperti monumen Kujang Sepasang di Sumedang, persemian Situ Bagendit Garut, hingga peresmian operasional kereta cepat Jakarta Bandung bersama Presiden Joko Widodo.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: