Soal Cawapres, Ridwan Kamil Bilang Jabar Paling Dibutuhkan Ganjar untuk Menang

Soal Cawapres, Ridwan Kamil Bilang Jabar Paling Dibutuhkan Ganjar untuk Menang

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Dokumentasi Kang Emil Saat Kampanye. (Foto:Okky firmansyah/Disway.id)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Waketum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Bappilu Partai Golkar, Ridwan Kamil, menyebut Jawa Barat (Jabar) wilayah yang paling dibutuhkan bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo. Namun, menurut Ridwan Kamil penentuan capres dan cawapres bukan hanya soal hitung-hitungan.

Ridwan Kamil mulanya menjawab isu bakal menjadi cawapres Ganjar Pranowo saat wawancara dalam acara Blak-blakan yang diadakan oleh detikcom, seperti dilihat pada Rabu (6/9/2023). Ridwan Kamil mengaku didekati tiga utusan capres, namun menurutnya Jabar paling dibutuhkan pihak Ganjar.

"Jadi jawabannya adalah iya dihubungi, tapi tidak semata-semata hanya oleh tim Ganjar begitu. Cuma kalau lihat hitungan politik, memang yang paling membutuhkan Jawa Barat kan adalah koalisi Pak Ganjar. Jadi itu logika matematika," kata Ridwan Kamil.

BACA JUGA:Menuju Jalan Politik Ridwan Kamil, Kode Cawapres Hingga Kursi DKI

Ridwan Kamil menjelaskan mengapa menilai Jabar paling dibutuhkan oleh Ganjar. Ridwan Kamil menyinggung elektabilitasnya yang tinggi selama memimpin Jabar.

"Karena saya sangat tinggi kalau di Jawa Barat. Saya tidak bermaksud bagaimana ya, tapi memang hasil surveinya, bahkan ini survei dari internasional ya, tidak pakai survei lokal. Saya paling tinggi di sini, dan Mas Ganjar agak sulit di Jawa Barat," ujar Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil, jika dirinya diduetkan dengan Ganjar akan cocok untuk mendulang suara di Jabar. Wilayah Jabar sebagai provinsi dengan pemilih terbanyak di Tanah Air, namun penentuan cawapres menurut Ridwan Kamil bukan hanya perkara hitungan.

BACA JUGA:20 Aset Belum Bersertifikat Pemprov Jabar Nilainya Capai 82 Miliar, Salah Satunya Masjid Al Jabbar

"Jadi kalau digabung, kalau menurut matematika, ya matching. Tapi kan perjodohan itu bukan matematika. Bisa ada pertimbangan-pertimbangan non-matematis," ucapnya.

Di sisi lain, Ridwan Kamil mengungkapkan terus melakukan komunikasi dengan Ganjar Pranowo. "Rajin WA-an, alhamdulillah. Saya jaga hubungan baik dengan semua orang lah. Supaya gini, silaturahmi itu jangan kepentingan," imbuh mantan Gubernur Jabar itu.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: