Pembangunan Omah Buruh Dibiayai Pemkab Bekasi, Pj Bupati Sudah Setuju

Pembangunan Omah Buruh Dibiayai Pemkab Bekasi, Pj Bupati Sudah Setuju

Ketua FSPMI Jawa Barat, Suparno--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Pembangunan Omah Buruh Dibiayai Pemkab Bekasi. Setelah sempat alot selama bertahun-tahun, relokasi omah buruh di jembatan penghubung Kawasan Industri MM 2100 dan Kawasan Ejip berhasil diwujudkan. Ini merupakan hasil kesepakatan antara buruh dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Ketua FSPMI Jawa Barat, Suparno menjelaskan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan sudah menyetujui semua permintaan buruh terkait relokasi. Salah satunya menyiapkan lahan dan membangun kembali Omah Buruh.

"Yang pertama bahwa, Omah Buruh itu berdiri atas dasar, jembatan itu tidak ada fungsi. Akhirnya teman-teman buruh memanfaatkan jembatan yang tidak fungsi untuk konsolidasi-konsolidasi,"kata Suparno.

BACA JUGA:Integrasikan SPIP dan Manajemen Resiko, Ini Misi Pemkab Purwakarta

Saat ini jembatan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu mau difungsikan. Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan melalui Sekretaris Daerah sudah berdiskusi dengan jajaran pengurus FSPMI.

"Disitu ada lahan fasos-fasum punya Pemerintah Kabupaten Bekasi yang bisa merelokasi Omah Buruh.Awal kita minta 5 ribu meter , akhirnya dikasih 3 ribu meter dengan catatan yang bangun adalah Pemerintah Kabupaten Bekasi,"kata dia.

Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membangun Omah Buruh di Kawasan Delta Silicon dengan secara laik. Suparno menjelaskan rencana bangunan akan rampung pada 15 Nopember mendatang.

BACA JUGA:PKM Unsika : Dorong Home Industry Gunakan Kemasan Ramah Lingkungan di Desa Pejaten Karawang

Tak hanya itu, Dani Ramdan juga menyetujui adanya monumen sebagai kenang-kenangan adanya perjuangan buruh di Kabupaten Bekasi.

"Dari Pak PJ, setuju membuat kenang-kenangan. Disitu pernah terjadi pergerakan teman-teman buruh bukan untuk pribadi tapi kesejahteraan Buruh Bekasi. Alhamdulillah semua disetujui oleh Pemda,"paparnya.

Parno mengatakan Omah Buruh yang ada sejak tahun 2012 adalah sejarah pergerakan buruh menghapus outsourcing di Kabupaten Bekasi. Dari Omah Buruh muncul pergerakan grebek pabrik.

"Tempat perjuangan buruh yang ada di Bekasi simbolnya ya Omah Buruh. Omah Buruh tidak hanya dikenal di Indonesia tapi ditingkat Internasional. Mulai dari tamu Australia hingg Jerman ingin melihat seperti apa Omah Buruh,"tutur dia. (dim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: