6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

ilustrasi gambar--

DIKARUNIAI seorang anak menjadi pelengkap kebahagiaan dalam suatu keluarga. Maka dari itu berikan kasih sayang sepenuh hati, termasuk dalam urusan kesehatan anak. Menjaga anak agar selalu dalam kondisi yang sehat dan ceria di tengah pandemi menjadi prioritas penting.

Ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anak sehingga masih sangat rentan terkena berbagai macam penyakit seperti cacar, maupun flu. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat para orang tua lakukan untuk menjaga kesehatan anak:

1. Ajarkan Anak untuk Selalu Rajin Mencuci Tangan

Membiasakan anak untuk selalu menjaga kebersihan pada tangan adalah hal yang paling mendasar agar dapat selalu dilakukan setiap hari. 

Ketika selesai bermain di luar  rumah, sebelum memegang apapun di dalam rumah, hendaknya mencuci tangan agar bahaya dari luar yang menempel pada tangan dapat hilang atau ketika sebelum dan sesudah makan agar dapat mencegah menularnya berbagai macam penyakit kepada orang lain.

BACA JUGA : 7 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Untuk Menjaga Kesehatan Anak

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Agar tidak mudah terkena resiko penyakit, cobalah untuk mengajak buah hati rutin berolahraga setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah, mengonsumsi makanan yang sehat, serta membuatkan jadwal tidur yang teratur agar dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Luangkan cukup waktu untuk mengajak si kecil bermain dan bercanda agar si kecil tidak mudah stres.

3. Membiasakan Hidup Sehat

Mengubah kebiasaan memang tidaklah mudah, namun bila hal tersebut dapat membawa dampak positif mengapa tidak?

Biasakan diri sendiri, keluarga, dan anak untuk rajin menggosok gigi, tidak mengusap-usap mata dengan tangan secara terus menerus, serta tidak berbagi gelas kepada orang lain. Sebab tanpa disadari, kebiasaan seperti ini dapat menimbulkan perpindahan kuman dari diri sendiri kepada orang lain.

BACA JUGA : Timnas Brasil Siap Tampilkan Vinicius Jr di Laga Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol

Biasakan pola hidup sehat  kepada anak sedari dini dengan selalu menutup mulut ketika batuk maupun bersin karena kuman dapat berpindah dengan cepat melalui udara.

4. Melakukan Program Imunisasi Terhadap Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: