Kebakaran Hebat di TPA Jalupang, 4 Desa di Kotabaru Terdampak, Beberapa Warga Ada yang Sesak Nafas

Kebakaran Hebat di TPA Jalupang, 4 Desa di Kotabaru Terdampak, Beberapa Warga Ada yang Sesak Nafas

--

KARAWANG - Empat desa terdampak kebakaran hebat yang melanda Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang di Dusun Jalupang, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang. 

 

Hingga Minggu (29/10/2023) pukul 12.30 wib ini titik api masih menyebar ke seluruh sisi area TPAS Jalupang yang memiliki luas area hingga 10 hektare tersebut.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan mengatakan, akibat peristiwa tersebut, ada empat desa di Kecamatan Kotabaru yang terdampak dari kepulan asap pekat yang menyebar ke pemukiman penduduk di empat desa.

 

"Sejauh pemantauan kami saat ini untuk desa yang terdampak itu ada empat desa di Kecamatan Kotabaru, yang diantaranya yaitu Desa Wancimekar, Desa Pucung, Desa Pangulah Baru dan Desa Cikampek Utara di Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang. Tapi untuk desa yang benar-benar terdampak itu ada di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru ya," ujar Wawan.

 

BACA JUGA : Kebakaran di TPA Jalupang, Petugas Damkar : Tumpukan Sampah yang Tinggi Jadi Kendala!

 

Menurut Wawan, sebagai bentuk upaya antisipasi dampak kesehatan, pihaknya melakukan kolaborasi bersama dengan jajaran TNI-Polri (Kodim 0604 Karawang dan Polres Karawang), Dinas Kesehatan maupun BPBD Kabupaten Karawang. Untuk mengantisipasi dampak penyakit inspeksi saluran pernapasan atas (Ispa) yang mungkin terjadi akibat asap kebakaran.

 

"Unsur Muspika Kotabaru juga sudah berkolaborasi dan berkoordinasi dengan pihak RS Khusus Paru (RSKP) Jatisari. Apabila ada masyarakat terdampak yang memang merasa sesak nafas dan lain sebagainya ini sudah kita koordinasikan dengan pihak RSKP Jatisari, Karawang," jelasnya.

 

Lanjut Wawan, Pemkab Karawang juga akan mendirikan posko-posko kesehatan disejumlah titik yang terdampak dari peristiwa kebakaran hebat yang hingga saat ini masih melanda diseluruh area TPAS Jalupang Karawang.

 

"Sampai sejauh ini masih belum ada masyarakat yang mengeluhkan dampak penyakit Ispa. Namun kita akan terus melakukan penyisiran ke tiap-tiap rumah penduduk, untuk mengecek perkembangan kesehatan masyarakat yang terdampak peristiwa itu. Posko kesehatan sendiri, akan segera kita buat yang terdiri dari desa-desa terdampak dan selanjutnya akan dikoordinir oleh pihak dari Unsur Muspika Kecamatan Kotabaru," katanya.

 

BACA JUGA : Sinopsis Bleeding Steel, Bioskop Trans TV 29 Oktober 2023

 

Selain berupaya memadamkan api, pihaknya bersama aparat TNI-Polri juga turut membagikan masker sebanyak 2.500 lembar dari Dinas Kesehatan setempat. 

 

Bahkan pembagian masker ini dibagikan kepada warga terdampak kebakaran yang turut dilakukan oleh Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono dan Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Inf. Dede Hermawan beserta jajaran Unsur Muspika di Kecamatan Kotabaru.

 

"Pembagian masker ini kami lakukan untuk mencegah penyakit inspeksi saluran pernapasan atas (Ispa) yang mungkin saja terjadi akibat dari dampak kepulan asap kebakaran yang menyebar ke arah pemukiman warga di empat desa yang ada di Kecamatan Kotabaru, Karawang," pungkasnya. (ihm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: