Gegara TPA Jalupang Kebakaran, Lahan PJT II Jadi Tempat Penampungan

Gegara TPA Jalupang Kebakaran, Lahan PJT II Jadi Tempat Penampungan

Sekda Karawang Acep Jamhuri--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.IDPeristiwa kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang, membuat sampah di Kabupaten Karawang menumpuk.

Langkah taktis yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang adalah menyiapkan tempat penampungan sementara di lahan milik Perum Jasa Tirta (PJT) II selama masa penanganan.

Hal itu diungkapkan Sekda Karawang, Acep Jamhuri saat ditemui di Plaza Pemkab setempat pada Senin, 30 Oktober 2023.

"InsyaAllah pihak PJT II memberikannya (akses dan lahan,red). Sebab jangan sampai di saat upaya penanganan kebakaran, sementara sampah tak tertampung," ujar dia.

Selain itu, Acep mengaku bakal mengirimkan surat ke pemerintah pusat lewat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait bantuan halikopter bom air (water boombing) agar kebakaran TPa Jalupang bisa segera teratasi.

"Jadi kita lakukan dengan berbagai upaya penanganan. Karena kan penanganan kebakaran di TPA itu beda dengan kebakaran biasa. Bedanya titiknya banyak, sementara alat berat sulit bisa masuk ke sana," ucap dia.

Meski begitu, sambung Acep, Pemkab Karawang tetap melakukan penyelesaian pada titik api yang bisa dipadamkan.

Satu di antaranya, pengoperasian beko-beko untuk penanganan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHL) serta Dinas PUPR Karawang.

"Intinya kita tetap melakukan penanganan atau tak ada hambatan dalam pengiriman sampah," tegas dia.

Terkait korban yang terkena inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat asap, Acep menyatakan pihaknya sudah meminta jajaran Puskesmas untuk membuka posko, yang sudah terkoneksi ke rumah sakit sebagai rujukan.

"Penyebabnya masih butuh proses penyelikan," tukas dia. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: