Hati-Hati! Begini Cara Mimilih Durian Loji Khas Karawang yang Nikmat

Hati-Hati! Begini Cara Mimilih Durian Loji Khas Karawang yang Nikmat

ilustrasi gambar--

KARAWANG BEKASI DISWAY - Apa anda pecinta durian, apa anda tau durian yang hanya ada di daerah Karawang, kalau kalian ingin mencobanya tentu saja kalian harus berkunjung ke Karawang, mau tau apa nama durian khas Karawang tersebut?

Di daerah Karawang terdapat buah durian istimewa, yakni durian loji yang tumbuh di kawasan wisata Desa Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang.

Suryadi (29) salah seorang pedagang durian di kawasan wisatawan Mekarbuana menuturkan, salah satu keistimewaan durian loji yakni rasanya yang khas.

"Kalau di sini bedanya itu, jadi duriannya tiis (sejuk) tapi tetap manis. Jadi orang udah mengenal kenikmatan durian loji karena itu," ujar Suryadi saat ditemui di kediamannya, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang belum lama ini.

BACA JUGA : 2 Pelajar di Tuban Jadi Korban Kekejaman Gangster, Motor Dirampas, Tangan Seorang Putus Dibacok

Suryadi mengatakan, selain keistimewaan tersebut, pembeli juga harus punya feeling yang baik agar luput dari 'jebakan' aroma durian loji yang rasanya dibilang istimewa.

"Jadi disebut jebakannya tuh gini, aromanya kadang menyengat dari segi bentuk terlihat bagus proporsional, dagingnya lebih tebal, kadang rasanya cuma sejuk aja gak ada manis," kata dia.

Walau terkadang, banyak pembeli dan pedagang buah yang mengira jika buah durian loji gagal panen.

Hal itu kata Suryadi, kadang termasuk dalam produk gagal panen, tak hanya pembeli, pedagang pun kadang sulit mengira jika duriannya gagal panen.

BACA JUGA : Bikin Heboh! Kakek di Way Ngison Ditemukan Tewas Depan Pintu Dapur, Begini Kondisi Mayatnya

"Kalau disebut gagal tapi berbuah, kadang bagus banyak juga buahnya, tapi ya rasanya itu yang gak enak. Terkadang aromanya gak, bentuknya kecil kaya mengkel, justru rasanya nikmat manis sejuk, dan segar meskipun dagingnya gak tebel," paparnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Mekarbuana Jaji Maryono mengatakan, durian loji dikenal karena keistimewaan karakteristiknya yang terkadang menjebak.

"Istimewa ya kalau orang sering bilang kayak PHP (pemberian harapan palsu) lah, karena kalau lihat dari bentuknya kelihatan bagus, aromanya wangi rasanya gak manis. Justru yang bentuknya kelihatan kurang menarik, aromanya juga gak begitu kuat, rasanya nikmat," kata Jaji saat dihubungi awak media, Selasa (24/1/2023). (yum/ihm)a

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: