Sejarah RS Indonesia di Gaza, Menkes Siti Fadhilah Kenang Permintaan Menkes Palestina

Sejarah RS Indonesia di Gaza, Menkes Siti Fadhilah Kenang Permintaan Menkes Palestina

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.IDRumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza, Palestina turut menjadi target dari serangan Israel pada Kamis, 9 November 2023. Sebanyak 11 misil Israel merusak beberapa bagian fasilitas dari RSI di Gaza tersebut.

Usut punya usut, RSI di Gaza ternyata dibangun atas permintaan langsung Menteri Kesehatan (Menkes) Palestina terdahulu.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh mantan Menkes RI Siti Fadillah dalam video yang ramai di media sosial (medsos).

Saat masih menjabat sebagai sebagai Menkes RI periode 2004-2009, Siti mengakui bahwa dirinya banyak bersahabat dengan Menkes dari negara lain seperti Iran dan Palestina.

Dalam satu pertemuan tahun 2008, Siti pernah ditawari tanah oleh Menkes Palestina yang kala itu berkuasa adalah Hamas.

"Menteri Kesehatan Palestina itu berbisik kepada saya, 'bu kalau saya kasih tanah di Gaza bisa gak Anda bangun rumah sakit?' Aduh terima kasih banget, bener tanah? 'Ita tanah untuk Anda, untuk Indonesia'," cerita Siti lewat video yang dibagikan oleh akun X @DokFun, dikutip Minggu 12 November 2023.

Dia pun sempat bingung siapa yang bisa membangun rumah sakit di area konflik tersebut. Hingga akhirnya dia memberi tahu kabar tersebut kepada rekan sesama dokter yang juga dikenal dikenal sebagai jurnalis sekaligus aktivis kemanusian Joserizal.

"Waktu itu saya kebanyang sahabat Joserizal. Dia juga termasuk salah satu sosok pendiri organisasi kemanusiaan non pemerintah MER-C yang sampai sekarang masih aktif kirimkan relawan serta donasi bagi korban di Palestina," ujar dia.

Joserizal menyambut senang cerita Siti Fadillah yang diberikan tanah oleh pemerintah Palestina. Rupanya, Joserizal juga telah bercita-cita membangun rumah sakit di wilayah tersebut

"Kemudian Joserizal dengan semangatnya mencari dana. Dana dari rakyat Indonesia," kata Siti Fadillah.

Dana itu pun dihimpun langsung oleh organisasi MER-C melalui berbagai sumbangan dari rakyat Indonesia. Dana yang terkumpul mencapai sekitar Rp 126 miliar dan pembangunan pun dimulai pada Mei 2011.

Bangunannya dibuat tingkat lima lantai dengan kapasitas pasien sekitar 130 orang. "Dan saat dibangun tiga tingkat terjadi lah perang antara Hamas dengan Israel," tukas dia.

Rumah Sakit Indonesia rampung dibuat pada 2015 dan diresmikan langsung oleh Wakil Presiden RI saat itu, Jusuf Kalla.

RS Indonesia terletak di Bait Lahiya, Kegubernuran Gaza Utara, Jalur Gaza, Palestina. Rumah sakit tersebut jadi tumpuan masyarakat Palestina di sekitar Gaza, selain RS Al-Shifa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: