Ini Perangkat Daerah Kabupaten Bekasi Paling Aktif Informasikan Pembangunan Lewat Medsos

Ini Perangkat Daerah Kabupaten Bekasi Paling Aktif Informasikan Pembangunan Lewat Medsos

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kabupaten Bekasi, berhasil menjadi daerah terbanyak di Indonesia yang menerima laporan.

Hal itu menununjukan bahwa SP4N LAPOR telah menjadi channel utama bagi masyarakat Kabupaten Bekasi yang ingin menyampaikan keluhan terkait pelayanan publik. 

 

“Ini bisa jadi dua sisi, mungkin permasalahan di Kabupaten Bekasi banyak atau SP4N LAPOR ini sangat populer sehingga masyarakat aktif menggunakannya,” ungkap Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan saat membuka IKP Fest 2023 di Hotel Holiday Inn, Cikarang Selatan, Rabu (29/11). 

Lewat IKP Fest yang dicanangkan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik), sambung Dani, pihaknya kembali berikan penghargaan kepada perangkat daerah yang berdedikasi dalam mengelola pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR dan menyebarkan informasi program pembangunan melalui media sosial. 

"Ini bentuk apresiasi terhadap perangkat daerah yang aktif dalam mengelola SP4N-LAPOR dan media sosial," ujar dia.

Melalui IKP Fest 2023 ini diharapkan dapat memberikan dorongan dan motivasi bagi perangkat daerah untuk lebih aktif dalam melayani aspirasi dan pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR serta menyebarluaskan informasi melalui media sosial.

"Ini tahun kedua kita menyelenggarakan Award untuk kepala perangkat daerah dan penggiat media sosial dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi yang telah secara aktif menjalankan tugasnya dalam rangka menyebarluaskan informasi kebijakan dan layanan publik," jelas dia. 

Lebih jauh, Dani menyebutkan bahwa di tingkat Provinsi Jawa Barat, Pemkab Bekasi mendapatkan predikat kenaikan satu level, yakni menuju kabupaten yang informatif.

Dengan kenaikan tersebut artinya Pemkab Bekasi sudah memenuhi kaidah-kaidah keterbukaan informasi publik sesuai dengan Undang-Undang.

"Alhamdulillah kita naik satu level dari kategori kurang informatif sekarang menuju kabupaten yang informatif. Tahun depan kita targetkan bisa menjadi kabupaten yang informatif," tuturnya. 

Untuk mencapai hal tersebut, upaya yang akan ditempuh kata Dani ialah, memberikan instruksi kepada setiap perangkat daerah agar membuka informasi, baik diminta maupun tidak diminta dan meningkatkan indikator SPAN LAPOR. 

Selain memberikan penghargaan kepada perangkat daerah dan penggiat media sosial, Pj Bupati Dani juga meluncurkan aplikasi Bekasi Nyambung Bae (Bebunge) versi 2.0 dengan fitur layanan yang lebih lengkap.

- Berikut Daftar Pemenang pengelolaan SP4N LAPOR :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: