Bappeda Kabupaten Bekasi Terima Penghargaan Kinerja atas Penurunan Angka Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Bappeda Kabupaten Bekasi Terima Penghargaan Kinerja atas Penurunan Angka Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Bappeda Kabupaten Bekasi Terima Penghargaan Kinerja atas Penurunan Angka Stunting dan Kemiskinan Ekstrem--

KABUPATEN BEKASI - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi telah diakui sebagai salah satu perangkat daerah yang berhasil meraih piagam penghargaan kinerja, khususnya dalam kategori penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem pada tahun 2023. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam rangka Hari Ulang Tahun Korpri di Plaza Pemkab Bekasi pada Rabu (29/11/2023).

 

Sekda Dedy Supriadi secara langsung memberikan piagam penghargaan kepada perwakilan dari Kepala Bappeda, Kabid Pemerintahan, dan Pembangunan Manusia Bappeda Kabupaten Bekasi, yaitu Fadli Marissatrio. Dengan pencapaian ini, Bappeda Kabupaten Bekasi menjadi satu dari sepuluh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang meraih penghargaan kinerja baik di tahun tersebut.

 

Fadli Marissatrio menjelaskan peran penting Bappeda sebagai koordinator urusan lintas sektor dalam penanganan kasus stunting dan kemiskinan ekstrim, yang merupakan prioritas nasional di Kabupaten Bekasi.

 

"Bappeda, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang mengatur pencapaian prioritas nasional seperti stunting dan kemiskinan ekstrim, berperan sebagai koordinator dan menjadi sekretariat TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) dan TKPK (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan) Tingkat Kabupaten," ungkap Fadli Marissatrio.

 

Fungsi Bappeda melibatkan pemetaan perencanaan program kegiatan pendukung penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem, melaksanakan monitoring dan evaluasi, serta memastikan kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan target yang ditetapkan.

 

Bappeda juga terlibat dalam input data ke Aplikasi Aksi Konvergensi Stunting dari Bina Bangda Kemendagri dan Aplikasi P3KE Kemenko PMK RI terkait kemiskinan ekstrem. Input data ini menjadi bagian integral dalam memberikan informasi ke pusat untuk evaluasi terkait penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem.

 

Pentingnya input data dan efektivitas pemerintah daerah dalam menjalankan program stunting dan kemiskinan ekstrem menjadi dasar bagi Pemerintah Pusat, yang diwakili oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Bapak KH. Ma'ruf Amin, untuk memberikan piagam penghargaan kinerja baik kategori penurunan kemiskinan ekstrem kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi. Selain itu, Pemkab Bekasi juga diberikan dana insentif fiskal kategori kinerja baik penurunan stunting dan kemiskinan ekstrem.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: