Begini Caranya Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di Sekolah Dasar

Begini Caranya Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di Sekolah Dasar

Begini Caranya Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di Sekolah Dasar --

Oleh: Sri Wahyuni 

NIM 132310084 

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Universitas Pelita Bangsa 

 

Proyek penguatan profil pelajar pancasila yang di singkat menjadi p5 yaitu memberikan penguatan karakter murid krena proses  pembelajaran yang melalui peroyek tersebut dan menjadikan siswa berfikir kritis dalam pengamatan secara langsung dapat menganalisis hasil nya. Dalam pendidikan karakter ada tiga komponen yang baik yaitu seseorang dapat mengetahui apa yang baik dan yang buruk. Proyek penguatan profil pelajar pancasila(p5) yaitu salah satu penanaman karakter bergotong royong yang akan di lakukan stiap sekolah. Peroyek penguatan profil pelajar pancasila (p5) ini sangat bermanfaat untuk pelajar yaitu, untuk memperkuat karakter dan mengembangkan keahlian warga negara yang aktif dengan melatih kemampuan serta menunjukan rasa tanggung jawab terhadap kepedulian masalah di sekitar. 

 

Proyek P5 ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengamati dan juga untuk menguatkan pencapaian karakteristik dan kompetensi pelajar untuk menemukan solusi dalam meningkatkan kemampuan belajar dan karakter pelajar  hal ini menyesuaikan dengan proyek profil pelajar pancasila (P5) untuk meningkatkan nilai-nilai budaya di indonesia dan pancasila sebagai landasan pembentukan. Oleh karena itu, proyek penguatan profil pelajar pancasila membantu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran maupun katakter pelajar. Kegiatan proyek profil pelajar pancasila (P5) tidak bisa di lakukan sendiri, semua tema itu di lakukan dengan bergotong royong karena gotong royong di dalam kegiatan itu sangat erat sekali. Gotong royong ini karakter yang sangat penting di dalam kegiatan karna akan membantu pelajar memahami sikap saling membantu sesama teman dan memperkuat rasa kebersamaan dalam melakukan sebuah aktivitas

 

Proses proyek pengiatan profil pelajar pancasila P5 akan berlangsung siswa bergotong royong harus bisa membuat secara maksimal dalam mencapai tujuan sesama. Dalam kerja sama kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila P5 yang efektif berhasil mengembangkan karakter siswa yang berkualitas dan menguasai nilai-nilai pancasila termasuk dalam gotong royong. Kegiatan P5 ini guru juga mempunyai peran penting dalam membantu siswa untuk mengembangkan karakter yang sesuai dengan nilai pancasila dan mengembangkan ide untuk memilih topik yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa, untuk membimbing siswa dalam keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan P5 Cara yang diberikan guru kepada siswanya yang di jadikan proyek P5 ini di jadikan untuk perlombaan dan di akhir kegiatan ini di buat menetap dalam menampilkan hasil yang sidah disiapkan.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: