Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Terhadap Siswa Sekolah Dasar

Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Terhadap Siswa Sekolah Dasar

Peran Guru dan Orang Tuda dalam Pendidikan Terhadap Siswa Sekolah Dasar--

 

Dengan demikian peran guru dalam pendidikan terhadap siswa sekolah dasar antara lain: 

1. Pendamping dan Pembimbing :Guru menjadi pendamping utama bagi anak dilingkungan sekolah. Mereka tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memberikan bimbingan, dorongan dan dukungan emosional. Yang diperlukan anak- anak dalam peroses belajar dan perkembangan mereka

2. Pengajar guru memiliki tugas untuk menyampaikan materi pembelajaran secara efektif kepada anak-anak.mereka merancang dan melaksanakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan anak.

3. Pencipta lingkungan belajar : Guru memiliki peran dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif, aman, inklusif. Mereka merancang kegiatan yang menarik dan menyenangkan.

4. Pendukung dan pengenal potensi : Guru berperan sebagai pendukung dalam mengenal potensi anak. Mereka melihat keunikan dan bakat yang dimiliki setiap anak, dan berusaha membantu anak dalam mengembangkan potensi tersebut melalui pendekatan yang sesuai.

5. Pelaporan dan komunikasi dengan orang tua : Guru memiliki peran dalam memberikan laporan perkembangan siswa kepada orang tua dan berdiskusi dengan orang tua untuk meningkatkan perkembangan siswa.

Peran orang tua dalam pendidikan anak

Orang tua adalah merupakan pendidik pertama dan utama dalam membentuk kualitas tumbuh kembang anak karena secara psikologis figur dari orang tua sangat berpengaruh terhadap perilaku dan pola berpikir dari seorang anak, termasuk pendidikan anak di sekolah dasar.

 

Berikut adalah beberapa peran penting yang dimiliki orang tua dalam pendidikan anak:

1. Pendamping dan model perilaku : Orang tua adalah pendamping sehari-hari anak. Mereka memberikan contoh perilaku yang baik dan menjadi panutan bagi anak dalam mengembangkan nilai-nilai dan sikap yang positif.

2. Pembingbing belajar : Orang tua memiliki tanggung jawab untuk membantu anak belajar dirumah. Mereka bisa memberikan waktu dan ruang yang tepat untuk anak belajar, memberikan dukungan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan anak terkait materi pembelajaran.

3. Mitra sekolah : Orang tua adalah mitra sekolah dalam mendukung pendidikan anak. Mereka berkomunikasi dengan guru, serta terlibat dalam kegiatan sekolah.

4. Mengenal kebutuhan dan potensi anak : Orang tua memiliki kesempatan unik untuk mengenal dengan baik kebutuhan dan potensi anak. Mereka dapat membantu anak mengindentifikasi minat dan bakatnya, serta memberikan dukungan yang sesuai untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: