Ingat Ini, Pentingnya Membangun Jembatan Menuju Masa Depan Pendidikan

Ingat Ini, Pentingnya Membangun Jembatan Menuju Masa Depan Pendidikan

Ingat Ini, Pentingnya Membangun Jembatan Menuju Masa Depan Pendidikan--

 

Tidak kalah penting, pemerintah yang perlu ikut sumbangsih selama proses pendidikan tersebut berlangsung, sehingga tidak ada lagi alasan masalah ekonomi, infrastruktur, sarana dan prasana menjadi alasan putus sekolah. Lembaga pendidikan yang mampu menyediakan manusia menjadi tenaga kerja profesional serta terampil, pengembang ilmu dan pewaris budaya, dan mampu membangun kesadaran scera kolektif memerlukan suatu kebijakan serta kemauan politik yang kritis terhadap pendidikan (Depdiknas,2006:15).

 

Jika semua mampu bekerjasama dengan baik, maka akan tercipta suatu bangsa yang berpendidikan dan mampu bersaing secara global. Hidup dalam percaturan global, maka perlu bekal pengetahuan yang harus mengglobal melalui suatu pendidikan. Dengan menjadi individu yang berkualitas melalui pendidikan, maka bangsa tersebut sanggup hidup secara tangguh dan bersaing dalam masyarakat dunia, ditandai dengan memiliki kehidupan yang penuh tantangan serta kompetisi secara ketat (Tilaar, 1999:34).

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. (2006). Pendidikan Anak Usia Dini: “Kembali Kepada Bermain”. Jakarta: Dtjen Dikti Depdiknas.

Fasli Jalal. (2004). Arah Kebijakan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (Ialur Bendi-Dikar Nonformal) Buletin PADU. Ditjen Diklusepa,Edisi Khusus, (39-44).

Harefa, A. (2004). Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Kompas. 

Hidayat, Rahmat, S Ag, dan M Pd. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI.

PKBM. (2022). Pentingnya Pendidikan Bagi Masa Depan. https://www.pkbmgenerasigemilang.com/pentingnya-pendidikan-bagi-masa-depan/. Diakses pada tanggal 20 Desember 2023.

Tilaar, HAR, (1999). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional: Dalam Perspektif Abad 21, Magelang : Indonesia Tera.

 


Anjeni Fatiha Galuh Keswani NIM 132310071 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora Universitas Pelita Bangsa--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: