Pendidikan Karakter Bangsa: Antara Cita dan Realita

Pendidikan Karakter Bangsa: Antara Cita dan Realita

Pendidikan Karakter Bangsa: Antara Cita dan Realita--

 

Peran lingkungan juga mempengaruhi dalam pembentukan karakter. Mulai dari keluarga, teman dan masyarakat yang menjadi keterlibatan dalam perkembangan nilai-nilai moral siswa. Dengan interaksinya dalam memprioritaskan nilai-nilai moral seperti kerja sama, saling menghargai, kepedulian dan lainnya dapat mendukung pembentukan karakter yang positif.

 

Dalam pengaplikasiannya memang tidak semulus yang diharapkan, adanya perubahan dalam budaya atau nilai-nilai yang ada di masyarakat malah menjadi hambatan yang membuat lingkungan yang kurang baik. Perlunya pendekatan kolaboratif dan kesadaran bersama akan pentingnya pendidikan karakter sehingga dapat menciptakan peluang dalam mengatasi masalah tersebut dan bersama-sama membentuk lingkungan sosial yang baik.

 

Pembentukan karakter tidak hanya memalui pendidikan, melainkan dalam lingkungan dan dari individu yang dapat mempengaruhinya. Dengan berkontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang positif, dapat meningkatkan pendidikan karakter dimana saja. perlunya peran dari semua pihak untuk ikut andil dalam menciptakan masyarakat yang berkarakter yang kuat dan bermoral, sehingga dapat menciptakan sosial yang baik dalam berbangsa maupun  bernegara.

 

DAFTAS PUSTAKA

Rosyid,Nur,dkk.Pendidikan Karakter Wacana dan Kepengaturan.Purwokerto:     Obsesi     Press     bekerjasama     dengan Penerbit Mitra Media, 2013.

Narwanti,Sri.Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia, 2011.

Lickona,Thomas.Pendidikan Karakter. Bantul: Kreasi Wacana, 2012.

Zubaedi.Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana, 2011.

 

 


Patonah Mutmainah Octavia (132310062) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora Universitas Pelita Bangsa--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: