Misteri Mbah Jawer si Penguasa Waduk Jatiluhur, Mitos atau Fakta?

Misteri Mbah Jawer si Penguasa Waduk Jatiluhur, Mitos atau Fakta?

ilustrasi gambar--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tidak hanya terkenal dengan sate marangginya, Kabupaten Purwakarta yang berada di Provinsi Jawa Barat juga memiliki tempat-tempat yang dikenal angker oleh warga.

Tempat-tempat itu ada yang memiliki nilai sejarah ada juga yang secara turun-temurun cerita orang tua zaman dahulu.

Ada satu tempat yang angker di Purwakarta tepat di Waduk Jatiluhur, dimana kalau menurut cerita bahwa tempat tersebut di kuasai oleh Mbah Jawer.

Ada misteri Mbah Jawer, yang selama ini disebut-sebut sebagai roh penguasa Waduk Jatiluhur, Purwakarta, siapa dia serta sebuah makam panjang. 

BACA JUGA:Nonton Akuyaku Reijou Level 99 Episode 3 Subtitle Indonesia

Waduk Jatiluhur diketahui merupakan pembangkit listrik tenaga air yang sekaligus tempat tujuan wisata, budidaya ikan, maupun memancing.

Siapa itu Mbah Jawer di Waduk Jatiluhur Purwakarta 

Namun diantara orang-orang yang suka urusan dunia angker, selama ini masih kental menganggap Mbah Jawer sebagai makhluk halus yang berkeliaran di Waduk Jatiluhur. 

Bahkan, ada sejumlah tayangan bersifat klenik alias mistis, yang seolah-olah ada orang kesurupan roh Mbah Jawer di Waduk Jatiluhur. 

Namun, rupanya mitos Mbah Jawer sebagai makhluk halus penguasa Waduk Jatiluhur terbantahkan, karena ada keterangan siapa sebenarnya Mbah Jawer itu.

BACA JUGA:Mengenal White Bellbird, Burung Paling Berisik Sedunia, Vokalisasi hingga 125,4 Desibel, Begini Suaranya...

Adalah salah seorang konten kreator bernama Abinana, yang menuju ke Kampung Pagadungan, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Purwakarta, yang lokasinya dekat Waduk Jatiluhur. 

Abinana mengunjungi sebuah pasarean alias kuburan berukuran panjang sekaligus menanyakan soal Mbah Jawer, ditemani sesepuh Kampung Pagadungan, Abah Uju.

Abinana mengatakan, dirinya mewawancara Abah Uju, adalah untuk menerangkan mitos sebenarnya soal siapa Mbah Jawer, yang selama ini diyakini sebagai roh penguasa Waduk Jatiluhur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: