Senam Sehat: Cerita Sukses Mahasiswa KKN Unsika Desa Jatimulya Tahun 2024 dalam Menyelenggarakan Senam Lansia

Senam Sehat: Cerita Sukses Mahasiswa KKN Unsika Desa Jatimulya Tahun 2024 dalam Menyelenggarakan Senam Lansia

Mahasiswa KKN Unsika Desa Jatimulya Tahun 2024 dalam Menyelenggarakan Senam Lansia.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Berpacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. 

Mahasiswa KKN Unsika 2024 telah menyelenggarakan poin ketiga yaitu berupa program kerja dalam bidang kesehatan. Melihat kilas balik dari mahasiswa KKN pada tahun-tahun sebelumnya, Desa Jatimulya sudah bekerja sama sebagai mitra dengan Unsika sejak tahun 2021. 

Desa Jatimulya merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan yang harus dijaga serta dapat menjadi investasi di hari tua kelak yang krusial untuk diperhatikan sedari sekarang.

BACA JUGA:Ikki Phoenix: Bronze Saint Abadi di Serial Manga Saint Seiya, Walau Sudah Jadi Abu, Pasti Hidup Lagi!

Disusunnya program senam sehat ini selain untuk mengimplementasikan faktor tersebut kami sebagai mahasiswa KKN juga ikut terlibat untuk mengaktifkan kembali program senam bersama yang sebelumnya sempat terhenti. 

Lansia sebagai sasaran dalam program inimenjadi pembeda dari program yang sebelumnya. Adapun latar belakang yang menjadikan lansia sebagai objek sasaran, yaitu mahasiswa KKN Unsika memiliki tujuan untuk mengedukasi pentingnya senam bagi kesehatan. Senam dapat menjadi media dalam menunjang hidup sehat.

Namun, banyaklansia yang berpikiran bahwa senam itu menguras tenaga. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN Unsika mengadakan program senam tersebut sebagai sarana edukasi kalau jenis senam ada pula yang ditujukan untuk para lansia.

Penyelenggaraan senam lansia dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Januari 2024 di Balai Desa Jatimulya. 

BACA JUGA:Link Percy Jackson and the Olympians S1 (2023) Episode 7 Subtitle Indonesia

Senam tersebut dimulai dari jam 08:00-10:00 WIB dan dihadiri oleh 30 lansia.

Senam ini terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan pendinginan. 

Adanya modifikasi gerakan yang dibuat oleh mahasiswa KKN Unsika membuat gerakan-gerakan yang awalnya simpel menjadi lebih variatif serta diiringi dengan iringan musik yang menggugah semangat para lansia.

Ketertarikan mereka pada senam terlihat pada perpindahan gerakan dari pemanasan ke inti dimana para lansia menolak untuk istirahat terlebih dahulu karena dirasa masih sanggup untuk melanjutkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: