Berapa Sih Biaya Hidup dan Kisaran Harga Kos-kosan di Bekasi? Simak!

Berapa Sih Biaya Hidup dan Kisaran Harga Kos-kosan di Bekasi? Simak!

ilustrasi gambar, Bekasi--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Mungkin dari kamu yang ingin merantau, menyari pekerjaan atau ingin pindah ke Bekasi, bisa ngecek dulu biaya hidup di wilayah ini dan berapa harga kos-kosan di Bekasi sebelum kamu berangkat.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, biaya hidup dan kisaran harga kos-kosan di Kota Bekasi merupakan salah satu kota dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia setelah Jakarta.

Besarnya biaya hidup di sebuah kota biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. 

Umumnya semakin ramai sebuah kota, maka harga kebutuhan pun semakin tinggi. Namun masih tergantung pada gaya hidup dan lokasi tempat tinggal setiap individu.

BACA JUGA:Imlek 2575 Kongzili, Anggota DPRD Kabupaten Karawang Minta ke Masyarakat Jaga Kondusifitas Selama Imlek

Lantas, berapa biaya hidup dan kisaran harga kos-kosan di Bekasi? Berdasarkan penelusuran awak media, berikut simulasi anggaran biaya hidup dan kisaran harga kos-kosan di Bekasi.

Berdasarkan data hasil Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2022 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). 

Hasil survei SBH dilakukan sebagai dasar perhitungan indeks harga konsumen (IHK). Dari hasil survei yang sama, Kota Bekasi memiliki biaya rata-rata konsumsi per rumah tangga mencapai Rp14,34 juta per bulannya.

Sementara per kapita, total biaya hidup mencapai Rp4,11 juta yang terdiri dari pengeluaran konsumsi sebesar Rp3,3 juta dan pengeluaran non konsumsi sebesar Rp782 ribu. Kendati begitu, total biaya hidup di sebuah kota tergantung dari setiap kelompok pendapatan rumah tangga masing-masing.

BACA JUGA:Masa Tenang, Bawaslu Lakukan Patroli Pengawasan Pemilu di Seluruh TPS Kabupaten Karawang

Lalu untuk kisaran harga kos-kosan di Bekasi bervariasi tergantung tipe dan lokasi. Untuk kosan standar minimalis yang hanya menyediakan kamar dan kasur saja, harganya berkisar Rp450 ribu hingga Rp900 ribu per bulan.

Kemudian, untuk kosan yang sedikit lebih bagus dengan fasilitas tambahan seperti WiFi atau AC saja berkisar antara Rp700 ribu hingga Rp1,1 juta per bulannya. 

Sedangkan kosan minimalis yang dilengkapi dengan AC dan WiFi berkisar Rp1,2 juta hingga Rp2,2 juta untuk satu bulan.

Tidak hanya itu, jika ingin tinggal di kosan yang mirip seperti apartemen bertipe furnished, semi furnished hingga fully furnished, memiliki harga sewa dengan kisaran harga mencapai Rp2,5 juta hingga Rp6,5 juta per bulannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber