Sempat Didesak Warga, PT ISPI Group Akhirnya Menyerahkan Fasos Fasumnya ke Pemda

Sempat Didesak Warga, PT ISPI Group Akhirnya Menyerahkan Fasos Fasumnya ke Pemda

PT. ISPI Grup serahkanlah Fasos Fasum ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi sebanyak 14 bidang tanah. Dua diantaranya diperuntukkan pembangunan sarana pendidikan dan puskesmas. Penyerahan fasos fasum ini di halaman Masjid Al Hidayah, Villa Mutiara 2 Sukas--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - PT. ISPI Group serahkanlah Fasos Fasum ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi sebanyak 16 bidang tanah. 2 diantaranya diperuntukkan pembangunan sarana pendidikan dan puskesmas. Penyerahan fasos fasum ini di halaman Masjid Jami Al Hidayah, Villa Mutiara 2 Sukasejati, Cikarang Selatan.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, rencana penyerahan fasos fasum milik PT. ISPI Group ini sudah lama dirancang namun sempat tertunda akibat wabah pandemi covid-19.

" Jadi sudah lama dirancang dan baru sekarang karena manajemen juga sudah fokus kepada hasil-hasil bisnis dan masyarakat juga sudah menunggu terutama lahan-lahan yang sudah dibangun masjid dan mushalla dan sehingga sekarang ini sudah mempunyai kejelasan status," kata Dani Ramdan, kepada awak media, Senin (12/2/24).

Dani menyebut, lahan fasos fasum dengan luas 6400 meter persegi ini tadinya akan dibangun dua bangunan, yaitu bangunan gedung SMP dan bangunan Puskesmas Sukasejati. Namun tidak mencukupi jika dibangun di satu lokasi.

BACA JUGA:'Public Expose Rumah Zakat 2024', JNE Terima Penghargaan Sebagai Tokoh Pemberdayaan dan Kolaborasi Palestina

" Tapi tadi barusan dari pihak PT. ISPI menambahkan 2000 meter lebih lahan untuk pembangunan puskemas dan terpisah sehingga nanti dua-duanya nya tetap dibangun dengan luasan yang ideal," terangnya.

Meski lahan fasos fasum untuk pembangunan SMP dan Puskesmas ini sudah di serahkan, namun untuk pembangunan nya direncanakan pada tahun 2025.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah mengatakan, tahun ini pemerintah daerah belum bisa merealisasikan anggaran untuk pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMP dan Puskesmas di Cikarang Selatan. 

" Kita (DPRD) lihat apa yang menjadi ketetapan dari dinas semuanya sesuai dengan skenario bahwa apa-apa yang dimungkinkan akan secepatnya ada pembangunan, namun karena terbentur aturan yang mana sebelum anggaran itu di alirkan setidaknya harus ada lahannya," terangnya.

BACA JUGA:GEGER! Jasad Wanita Muda Ditemukan di Kontrakan Bekasi, Diduga Dibunuh Pacarnya Sendiri

Meski begitu, kata Kholik, DPRD kabupaten Bekasi akan mengawal anggaran pembangunan SMP dan Puskesmas, sebab pengembang PT ISPI Grup sudah menyerahkan Fasos Fasum nya.

" Yang jelas pada saat ini ada serah terima ini menunjukkan bahwa ada kesiapan dan kerelaan dari pengembang ISPI kepada sarana pendidikan dan kepentingan umum. Kami tinggal merekomendasikan itu dan ditindaklanjuti dengan harapan pendidikan di Cikarang Selatan kabupaten Bekasi ini makin maju," pungkasnya.

Camat Kecamatan Cikarang Selatan, Muhammad Said mengapresiasi PT ISPI Group yang sudah menyerahkan beberapa titik Fasos Fasum nya kepada pemerintah daerah. Antara lain untuk pembangunan SMP dan Puskesmas Sukasejati dan beberapa titik untuk masjid dan mushalla diwilayah desa Ciantra dan desa Sukasejati.

" Untuk pembangunan nya masih ada proses karena perlu pengkajian secara akademis dan pembuatan DED rencana pembangunan SMP tahun ini bisa dianggarkan. Sukur-sukur ditahan 2025 bisa dianggarkan pembangunan gedung SMP dan puskesmas sesuai dengan yang di harapkan pak Pj bupati Bekasi Dani Ramdan," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: