Panwaslu Intensif lakukan Pengawasan, Pemilu di Serang Baru Aman

Panwaslu Intensif lakukan Pengawasan, Pemilu di Serang Baru Aman

Sepanjang rekapitulasi penghitungan suara pada Pemilu 2024 ini, Panwaslu Kecamatan Serang Baru intensif melakukan pengawasan. Hal itu dikatakan Ketua Panwaslu Serang Baru, Hafis Hambali, Kamis (29/2).--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Sepanjang rekapitulasi penghitungan suara pada Pemilu 2024 ini, Panwaslu Kecamatan Serang Baru intensif melakukan pengawasan. Hal itu dikatakan Ketua Panwaslu Serang Baru, Hafis Hambali, Kamis (29/2).

Dia mengatakan, dari tanggal 16 februari sampai dengan hari ini, pihaknya sudah membagi tugas dari panwaslu kecamatan, panwas desa dan juga kesekretariatan untuk membantu pengawasan.

" Pengawasan di rekapitulasi juga menggunakan laptop sendiri. Jadi kita punya data rekap sendiri yang tidak berpacu kepada sirekap karena isu nasional itu sirekap aga eror," kata Hafis.

BACA JUGA:Diduga Depresi, Mahasiswa Asal Subang Nekat Lompat ke Saluran Irigasi di Karawang

"Jadi pada saat pleno rekapitulasi dan pada saat percetakan formulir D Hasil. Ternyata ada perbedaan dan itu manjadi isu nasional," sambungnya.

Untuk mengantisipasi itu, panwaslu serang baru merekap secara manual berdasarkan C Plano. Karena untuk saat ini Pleno di kecamatan se Indonesia berdasarkan C Plano yang besar. Jadi ada C Plano ada C hasil salinan.

Selain itu, kata dia, Sepanjang rekapitulasi penghitungan suara hingga saat ini belum ada laporan dugaan kecurangan. Kalaupun ada permasalahan itu diselesaikan oleh PPK dan juga para saksi.

BACA JUGA:Karawang Launching Sekolah Lansia Ketiga, Didukung Penuh BKKBN Jabar

" Jadikan saksi di kecamatan sarang baru juga lumayan banyak, saya juga hampir setiap hari kontrol itu setidaknya minimal 5 saksi dari 5 Parpol berbeda itu tetap ada walaupun tidak semua parpol ada," juaranya.

Dia berkata, banyaknya jumlah saksi ini tentunya indikasi-indikasi kecurangan juga akan semakin minim. Karen nanti proses penyelesaiannya pun akan diselesaikan dengan musyawarah mufakat. "Sepanjang musyawarah mufakat itu kita lihat tidak melanggar aturan ya mangga-mangga saja," bilangnya.

Labih jauh dia menjelaskan, sepanjang pemilu 2024 ini, panwaslu serang baru sudah berupaya mencegah terjadinya kecurangan pemilu dengan melakukan pengawasan di massa tentang, pendistribusian logistik ke desa dan juga TPS. Bahkan pada hari pencoblosan panwaslu melakukan pengawasan bersama PPS dan juga Forkompimcam.

BACA JUGA:Harga Ayam Potong di Pasar Rebo Purwakarta Melonjak Tajam Jelang Ramadan, Dari Rp 32 Ribu Jadi Rp 40 Ribu/Kilo

" Alhamdulillah sampai bari ini, khususnya di wilayah Serang Baru belum ada laporan terkait pelanggan-pelanggan kampanye dan lain sebagainya. Kalaupun ada laporan akan kami tindak seusai peraturan yang berlaku," tandasnya. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cikarang ekspress