Program Sertifikasi Gratis UMKM Dilanjutkan, Dinkop Siapkan Ratusan Sertifikat Halal, P-IRT hingga SHAT UMKM

Program Sertifikasi Gratis UMKM Dilanjutkan, Dinkop Siapkan Ratusan Sertifikat Halal, P-IRT hingga SHAT UMKM

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang melanjutkan program sertifikasi gratis untuk para pelaku UMKM di Karawang.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang melanjutkan program sertifikasi gratis untuk para pelaku UMKM di Karawang.

Melalui program ini, Dinkop UKM Karawang telah sukses melahirkan banyak pengusaha kecil naik kelas dan memasarkan produknya secara lebih luas. 

Kepala Dinkop UKM Karawang Rochman mengatakan, tahun 2024 ini Dinkop UKM Karawang menyiapkan 50 sertifikat halal gratis, 500 P-IRT, dan 500 Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) untuk pelaku UMKM. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut para pelaku UMKM bisa mendaftarkan usahanya menjadi UMKM binaan dinas. 

"Pelaku UMKM kita ini sangat banyak, jadi setiap tahun kita cicil melengkapi sertifikasi produk mereka," ungkap Rochman, Senin, (11/3) kemarin.

BACA JUGA:Serius Tatap Seri Nasional, Samser Affandi Ditunjuk Jadi Manajer Baru Persika 1951

Rochman bilang, berdasarkan pendataan UMKM tahun 2022 lalu. Jumlah pelaku UMKM di Karawang saat ini mencapai 130 ribu orang. Sementara, berdasarkan data Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) jumlah penerima bantuan itu hanya 95 ribu orang. 

Sedangkan untuk program sertifikasi gratis ini, hanya mampu memberikan masing-masing 50 sertifikat gratis kecuali SHAT yang jumlahnya mencapai 500 sertifikat gratis dari BPN/ATR. 

"Jadi antriannya masih sangat panjang, yang mendaftar juga semakin banyak. Tapi jumlah yang bisa kami bantu masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya. 

Namun begitu, lanjut Rochman, pemerintah juga menyiapkan alternative bantuan lain untuk program sertifikasi ini. Salah satunya menggandeng NGO atau pihak swasta yang memiliki program serupa.

BACA JUGA:Pulang dari Makam, Tiga Warga Garut Tertimpa Reruntuhan Pohon Tumbang

"Alhamdulillah kami banyak dibantu oleh pihak-pihak lain. Jadi meskipun jumlah bantuan sertifikasi gratis hanya 50, pada praktiknya setiap tahun pasti Karawang membuat lebih dari itu," katanya. 

"Bahkan, pelaku UMKM yang sudah memiliki omzet besar secara sukarela mengeluarkan dana pribadi untuk melengkapi sertifikasi usahanya agar bisa bersaing di pasar nasional," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan UMKM Agus Jaelani menambahkan, antusiasme pelaku usaha dalam melengkapi legalitas usahanya terus bertambah seiring dengan keseriusan pemerintah membantu memasarkan produk mereka. 

Kata Agus, saat ini Pemkab Karawang melalui Dinas Koperasi tengah fokus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk memasarkan produk UMKM ke seluruh sektor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://karawangbekasi.disway.id/