Cara Efektif Mencegah Mata Katarak Mulai Dari Kebiasaan Kecil

Cara Efektif Mencegah Mata Katarak Mulai Dari Kebiasaan Kecil

Mengatasi Gejala Mata Katarak Sementara-Mengatasi Gejala Mata Katarak Sementara-Grid.id

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-Katarak adalah kondisi mata di mana lensa mata menjadi keruh, yang dapat mengganggu penglihatan mulai dari kabur hingga kebutaan. Biasanya, katarak berkembang secara perlahan, dan gejalanya seringkali tidak terasa pada tahap awal. Gejalan umum mata katarak itu seperti pandangan kabur, hingga sesitif pada cahaya

 

Katarak bisa diobati melalui tindakan operasi. Prosedur operasi untuk katarak dianggap relatif aman dan efektif. Setelah menjalani operasi, penglihatan biasanya akan pulih hingga mendekati kondisi normal. Untuk mencegah risiko katarak, ada beberapa langkah yang bisa diambil, yaitu:

1.      1. Melindungi mata dari paparan sinar matahari berlebihan.

Sinar matahari yang terlalu intens dapat meningkatkan risiko katarak. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kacamata hitam dengan lensa anti-UV untuk melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya.

2.      2. Menghindari kebiasaan merokok.

Merokok telah terbukti meningkatkan risiko terkena katarak. Oleh karena itu, untuk mencegah katarak, sebaiknya berhenti merokok.

3.      3. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

     Makanan yang kaya akan nutrisi tertentu dapat membantu melindungi mata dari risiko katarak. Sejumlah buah-buahan, sayuran, dan ikan diketahui bermanfaat untuk kesehatan mata.

 

Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan tersebut, diharapkan risiko terkena katarak bisa diminimalkan.

 

Apa yang Dapat Anda Lakukan Saat Mengalami Gejala Katarak?

 

Ketika Anda mengalami gejala yang menunjukkan adanya katarak, sebelum membuat janji dengan dokter spesialis mata, penting untuk mencatat semua gejala yang Anda rasakan, termasuk gejala lain yang mungkin terjadi. Selain itu, buatlah daftar semua obat dan suplemen yang sedang Anda konsumsi. Saat berkonsultasi dengan dokter, ajak salah satu anggota keluarga untuk membantu mengingat informasi yang mungkin Anda lewatkan atau lupa.

 Tips Mengatasi Gejala Mata Katarak Sementara

Jika Anda ingin mengatasi gejala katarak sementara menunggu keputusan untuk menjalani operasi, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Pastikan penggunaan kacamata atau lensa kontak dengan resep yang paling akurat.
  • Gunakan alat bantu tambahan seperti lampu baca atau kaca pembesar untuk membantu membaca.
  • Tingkatkan pencahayaan di rumah dengan menggunakan lampu yang lebih terang.
  • Ketika berada di luar rumah pada siang hari, kenakan kacamata hitam atau topi bertepi lebar untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari.
  • Hindari mengemudi pada malam hari jika penglihatan Anda terganggu.

 

Perawatan mandiri ini hanya memberikan bantuan sementara karena katarak dapat terus berkembang seiring waktu. Oleh karena itu, ketika penglihatan Anda mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, pertimbangkan untuk melakukan operasi katarak. Operasi ini dapat membantu meningkatkan penglihatan Anda.

 

Sementara itu, perilaku tertentu juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena katarak, seperti merokok, memiliki kadar gula darah tinggi, paparan radiasi, atau penggunaan obat steroid. Namun, operasi katarak merupakan tindakan yang aman dan efektif untuk menyembuhkan katarak. Jika Anda mengalami salah satu gejala mata katarak, segera beritahukan kepada dokter mata Anda.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: mencegah mata katarak