Dinkop Karawang Perkuat Management Keuangan UMKM, Gelar Pelatihan Bersama Mitra Yayasan Sampoerna

Dinkop Karawang Perkuat Management Keuangan UMKM, Gelar Pelatihan Bersama Mitra Yayasan Sampoerna

PELATIHAN: Dinkop UMK Kabupaten Karawang bersama Mitra Yayasan HM Sampoerna keliling kecamatan memberikan pelatihan management keuangan kepada para pelaku UMKM di Karawang.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dengan semakin maju dan berkembangnya pelaku usaha mikro di Karawang, sejumlah perusahaan memandang perlunya peningkatan kapasitas sumber daya manusia utamanya pada literasi keuangan digital.

Oleh sebab itu, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UMK) Kabupaten Karawang bersama Mitra Yayasan HM Sampoerna keliling kecamatan memberikan pelatihan management keuangan kepada para pelaku UMKM di Karawang.

Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM pada Dinkop UKM Karawang, Agus Jaelani mengatakan, sejak tahun 2023 lalu pihaknya masih fokus melakukan peningkatan kapasitas pada SDM UMKM di Karawang tentang management keuangan dan literasi keuangan digital. Saat ini, program tersebut mendapat support dari Mitra HM Sampoerna melalui program corporate social responsibility (CSR).

“Managament keuangan ini penting ya, saat omzet pelaku UMKM sudah mencapai puluhan atau ratusan juta, mereka harus paham bagaimana cara mengelola omzet tersebut,” kata Agus saat diwawancarai KBE, Selasa, (26/3) kemarin.

BACA JUGA:UMKM Karawang Banjir Pesanan Selama Ramadhan, Bupati Bidik Omzet Capai Rp 6 Milyar

Agus mengatakan, bersama HM Sampoerna pihaknya keliling ke kecamatan untuk melakukan edukasi kepada pelaku UMKM.

Saat ini sudah ada dua kecamatan yang menjadi sasaran mereka, yaitu Kecamatan Tempuran dan Telukjambe Barat. Dimana pada setiap lokasi, Dinkop UKM Karawang dan Sampoerna memberikan pelatihan kepada 50 pelaku UMKM. 

“Pelatihannya macam-macam ya, mulai dari pencatatan omzet secara digital, mengelola pemasukan dan pengeluaran, hingga perhitungan penambahan modal,” kata Agus.

Masih kata dia, saat ini para pelaku UMKM di Karawang sudah melek pemasaran digital. Management marketing atau pemasaran mereka sudah baik melalui berbagai jenis kerjasama dan kolaborasi. Namun yang menjadi catatan Dinkop, perkembangan yang baik itu belum diimbangi dengan kemampuan mengelola omzet yang baik.

BACA JUGA:Cara Unik Pemkab Karawang Sosialisasi Pencegahan Stunting, Ngabuburit Sambil Nonton Pertunjukan Wayang

“Ada beberapa faktor yang membuat pelatihan mangement keuangan ini penting, pertama soal potensi rugi, Masih ada UKM yang belum mencatatkan keuntungan maksimal meski produknya laku. Kemudian ada juga yang jorjoran di pengeluaran namun tidak bisa memaksimalkan pendapatan,” jelasnya.

‘Karena itu kami menggandeng para ahli ntuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM binaan kami. Diharapkan, melalui management keuangan yang baik, laju perkembangan UMKM di Karawang juga jadi semakin cepat,” harapnya. (wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: