UMKM Karawang Banjir Pesanan Selama Ramadhan, Bupati Bidik Omzet Capai Rp 6 Milyar

UMKM Karawang Banjir Pesanan Selama Ramadhan, Bupati Bidik Omzet Capai Rp 6 Milyar

BERBAGI TAKJIL: Dinkop UKM karawang bersama Bupati Karawang Aep Syaepulloh berbagi takjil gratis untuk masyarakat di wilayah Cilamaya dan sekitarnya dengan membeli produk UMKM lokal disana. --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Bulan Suci Ramadan selalu ditunggu-tunggu oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Karawang. Selain menjadi bulan yang penuh berkah, selama Ramadan omzet mereka dapat dipastikan meningkat berkali-kali lipat hasil dari berbagai program Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Karawang. 

Selama Ramadan, para pelaku UMKM di Karawang dilibatkan melalui berbagai program strategis perekonomian. Mulai dari Safari Ramadan ke kecamatan, program berbagi takjil seluruh OPD, hingga program Parsel Lebaran untuk perusahaan di Industi turut menjadi penumbang omzet besar bagi para pelaku UMKM.

Bupati Karawang Aep Syaepulloh menuturkan, sejak jauh-jauh hari pihaknya sudah mengimbau berbagai pihak untuk meibatkan UMKM dalam berbagai program selama ramadan. Selama 14 hari ini, seluruh OPD di Pemkab Karawang telah menjalankan belanja takjil ramadan ke pelaku UMKM untuk di bagikan ke masyarakat.

Selain itu, para pelaku usaha di Karawang juga sudah diminta membeli produk UMKM Karawang sebagai parsel lebaran untuk para karyawannya.

BACA JUGA:Cara Unik Pemkab Karawang Sosialisasi Pencegahan Stunting, Ngabuburit Sambil Nonton Pertunjukan Wayang

Bupati memastikan, program pemberdayaan UMKM di bulan ramadan tahun ini jauh lebih maksimal dari pada tahun lalu.

“Karena persiapannya sudah jauh-jauh hari kami optimis hasilnya lebih maksimal. Tinggal teknisnya saja antara Dinkop dan Dinas Tenagakerja untuk tek-tokan sama pembeli,” kata Aep belum lama ini.

Dia bilang, karena hasil koordinasi dirasa cukup baik. Pihaknya juga optimis melalui berbagai program ini omzet para pelaku UMKM di Karawang bisa tembus Rp 6 milyar selama bulan suci ramadan. “Harapannya omzet bisa sampai Rp 6 milyar,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkop UKM Karawang Dindin Rachmadhy melalui Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Agus Jaelani menuturkan, sejauh ini pelaku UMKM di Karawang sudah melaporkan pendapatan mereka meningkat pesat selama bulan ramadan. Salah satunya berkat mengikuti program pemberdayaan Dinkop UKM Karawang selama ramadan.

BACA JUGA:Nonton Dosanko Gal Wa Namara Menkoi Episode 12 Subtitle Indonesia

Selama 14 hari berjalan, kata Agus, produk UMKM di setiap program safari ramadan selalu habis terjual. Selain itu, program takjil ramadan sampai hari ke 14 kemarin sudah tembus pesanan 14 ribu takjil dari pesanan seluruh OPD di Karawang. Selain itu, untuk program parsel lebaran saat ini sudah masuk lebih dari 5.000 paket untuk di pasarkan ke kawasan industri.

“Kami selalu membuka kesempatan yang sama bagi para pelaku UMKM, jadi sifatnya terbuka, siapa yang mempu dan sanggup mengerjakan pesanan itu dia yang mendapatkan. Kami hanya membantu mengkomunikasikan antara pelaku UMKM dengan calon pembelinya,” jelas Agus. (wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://karawangbekasi.disway.id/