Gejala Umum Yang Mengindikasikan Darah Menstruasi Berwarna Hitam. Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Gejala Umum Yang Mengindikasikan Darah Menstruasi Berwarna Hitam. Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Darah Menstruasi Berwarna Hitam-Darah Menstruasi Berwarna Hitam-Diadona.id

 

3. Perubahan Hormon

 

Selain itu, perubahan warna darah menstruasi menjadi hitam juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh, seperti gangguan tiroid atau masa menjelang menopause. Umumnya, darah menstruasi akan berwarna hitam dan dalam jumlah yang sedikit. Perubahan ini juga sering terjadi saat menggunakan pil kontrasepsi atau sedang menyusui.

 

Namun, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami perubahan warna darah menstruasi disertai dengan gejala lain yang tidak biasa.

 

4. Kanker Serviks

 

Meskipun jarang terjadi, darah haid yang berwarna hitam bisa menjadi tanda awal kanker serviks, Moms. Ini bisa terjadi akibat siklus menstruasi yang tidak teratur dan pendarahan yang berat setelah berhubungan seks.

 

Kanker serviks pada tahap awal seringkali tidak menunjukkan tanda atau gejala yang jelas. Namun, beberapa tanda yang mungkin muncul adalah

 

  • Kelelahan yang berlebihan
  • Menstruasi yang lebih lama atau lebih berat dari biasanya
  • Nyeri saat berhubungan seks
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat biasa
  • Nyeri dibagian panggul
  • Kesulitan buang air kecil atau besar
  • Kaki mengalami bengkak

 

Jika mengalami salah satu dari gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Semakin dini kanker serviks terdeteksi, semakin besar peluang untuk sembuh.

 

5. Endometriosis

 

Moms, penting untuk tidak mengabaikan darah menstruasi yang berwarna hitam karena ini mungkin menjadi tanda adanya endometriosis. Menurut studi yang dipublikasikan di International Journal of Molecular Sciences, endometriosis terjadi ketika jaringan kista atau polip tumbuh di luar rahim.

 

Penyakit ini sering kali menyebabkan nyeri hebat di area panggul. Salah satu gejala yang khas adalah adanya darah haid yang berwarna hitam dan bisa berlangsung hingga 7 hari. Kondisi yang mirip dengan ini termasuk fibroid rahim dan kehamilan ektopik.

 

6. Awal atau Akhir Menstruasi

 

Ketika periode menstruasi berada pada awal atau akhirnya, aliran darah biasanya mengalami perlambatan. Semakin lama darah menstruasi memerlukan waktu untuk dikeluarkan dari tubuh, semakin lama darah tersebut terpapar oksigen dan mengalami oksidasi, mengubahnya menjadi warna hitam.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: