Gejala Umum Yang Mengindikasikan Darah Menstruasi Berwarna Hitam. Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Gejala Umum Yang Mengindikasikan Darah Menstruasi Berwarna Hitam. Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Darah Menstruasi Berwarna Hitam-Darah Menstruasi Berwarna Hitam-Diadona.id

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Menstruasi menjadi agenda rutin Wanita setiap bulan. Haid atau menstruasi merupakan kondisi normal yang menandakan bahwa Wanita Tengah mengaalami masa subur dan siap berreproduksi. Selama proses menstruasi Wanita aan mengeluarkan cairan darah yang meluruh dari dinding Rahim.

 

Adapun warna darah tersebut dapat berbeda beda, sesuai dengan kondisi Kesehatan dan periode menstruasi. Umumnya pada periode awal menstruasi darah yang dikeluarkan berwarna merah cerah, sampai ke periode akhir menstruasi darah tersebut berubah warna menjadi coklat bahkan keunguan. Namun, apakah perubahan warna darah saat menstruasi adalah hal yang wajar terjadi?

 

Perubahan warna darah haid mampu mengindikasikan kondisi Kesehatan tubuh yang buruk. Biasanya, darah haid memiliki warna merah tua atau merah cerah yang normal. Namun, jika yang keluar adalah darah berwarna hitam dan terlihat sangat pekat bahkan mengental, tentu hal ini perlu dikawatirkan.

 

Banyak factor yang mengindikasikan penyebab darah haid berwarna hitam, diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Penyebab Darah Haid Hitam

 

Ada sejumlah factor yang mengindikasikan kenapa darah mestruasi yang kamu keluarkan berwarna hitam. Mulai dari kondisi yang umum hingga mengindikasikan penyakit serius.

 

1. Darah Mengendap Terlalu Lama

 

Perubahan warna darah menstruasi tidak selalu menandakan kondisi kesehatan yang buruk, jadi jangan terlalu khawatir.  Sesekali, sebagian wanita mungkin mengalami darah menstruasi yang berwarna hitam setidaknya sekali dalam hidupnya. Ini adalah hal yang lumrah terjadi. Ketika lapisan rahim terkelupas setiap bulan, darah mungkin tidak langsung keluar sepenuhnya.

 

Dalam beberapa kasus, darah dapat terperangkap di dalam rahim untuk jangka waktu tertentu. Semakin lama darah berada di dalam rahim, semakin pekat warna dan teksturnya bahkan bisa berubah menjadi hitam. Proses ini disebabkan oleh oksidasi yang terjadi di dalam rahim.

 

Selama darah berwarna hitam tidak disertai dengan gejala seperti nyeri perut yang hebat, tidak ada alasan untuk khawatir, Moms.

 

2. Radang Panggul

 

Mengutip dari Mayo Clinic, penyakit radang panggul adalah infeksi yang menyerang saluran reproduksi wanita. Infeksi ini dapat terjadi ketika bakteri dari vagina menyerang organ reproduksi seperti rahim, saluran tuba, atau ovarium. Salah satu tanda penyakit radang panggul dapat dilihat dari warna darah menstruasi yang berubah menjadi hitam.

 

Selain perubahan warna darah, Moms juga harus memperhatikan gejala lain yang mungkin menandakan radang panggul, seperti bau vagina yang tidak sedap, nyeri panggul yang parah, mual, muntah, dan demam di atas 38 derajat Celsius.

 

Jika Moms mengalami gejala-gejala ini bersamaan dengan perubahan warna darah menstruasi yang menjadi hitam, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: