Mengenal 8 Jenis Rempah Indonesia yang terkandung Dalam Wedang Uwuh, Berikut Resep Membuatnya

Mengenal 8 Jenis Rempah Indonesia yang terkandung Dalam Wedang Uwuh, Berikut Resep Membuatnya

rempah wedang uwuh-rempah wedang uwuh-

 

5.   Pala dan Daun Pala

 

Wedang uwuh juga mengandung pala dan daun pala, yang memiliki aroma khas yang semerbak dan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Pala mengandung polifenol, flavonoid, dan saponin yang membantu menyembuhkan batuk berlendir, kejang otot, nyeri, dan masalah kesehatan lainnya.

 

6.   Sereh

 

Kandungan lain dalam wedang uwuh adalah sereh, yang terdiri dari bagian akar dan daunnya. Akar sereh membantu menghangatkan tubuh, melancarkan pengeluaran urine, dan membantu melancarkan pencernaan. Di sisi lain, daun sereh membantu mengurangi gas dalam perut, meredakan kejang, dan meningkatkan nafsu makan.

 

7.   Kapulaga

 

Wedang uwuh juga mengandung kapulaga, yang kaya akan zat-zat penting seperti sineol, minyak atsiri, borneol, silikat, terpineol, sabinena, terpinil, kersik, dan asetat. Kapulaga memiliki sifat pencegah osteoporosis dan dapat membantu meredakan batuk.

 

8.   Gula Batu

 

Gula batu juga merupakan salah satu komponen dalam wedang uwuh yang memberikan rasa manis pada minuman tersebut. Gula batu membantu menyeimbangkan aroma dan rasa rempah-rempah dalam wedang uwuh serta memiliki efek penenang yang membantu meredakan batuk.

 

Resep Mudah Wedang Uwuh

 

Bahan-bahan

 

         1 genggam kayu secang

 

         1 ruas jahe (geprek)

 

         3 kayu manis kecil

 

         3 batang serai (geprek)

 

         5 buah cengkeh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: