Mengenal 8 Jenis Rempah Indonesia yang terkandung Dalam Wedang Uwuh, Berikut Resep Membuatnya

Mengenal 8 Jenis Rempah Indonesia yang terkandung Dalam Wedang Uwuh, Berikut Resep Membuatnya

rempah wedang uwuh-rempah wedang uwuh-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Buat kamu yang sering mengkonsumsi jamu dan ramuan herbal tentu tidak asing dengan minuaman yang satu ini Yakni Wedang Uwuh. Apakah minuman in adalah jenis wedang hangat? Berikut ini sejumlah rempah yang terkandung dalam wedang uwuh berikut cara membuatnya. 

 

Indonesia kaya akan sumber daya alam yang melimpah ruah di setiap penjuru Nusantara. Kekayaan sumber daya hayati misalnya, Indonesia punya beragam jenis tanaman buah hingga sayur yang hanya tumbuh di Indonesia dan tidak ditemukan di negara lain.

 

Dari keragaman hayati tersebut membuat Indonesia juga memiliki banyak sekali minuman tradisional yang kaya akan rempah rempah nan bermanfaat bagi kesehatan dan menyegarkan tubuh.

 

Salah satu minuman tradisional yang populer dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah wedang uwuh. Berdasarkan asal usul kebahasaanya, wedang uwuh disebut sebagai minuman sampah karena berisi banyak sekali ragam jenis repah rempah herbal. Kira-kira apa saja sih rempah rempah yang ada di dalamnya? Simak informasinya dibawah ini

 

Rempah Rempah yang Ada di Dalam Wedang Uwuh

 

Wedang uwuh mengandung berbagai macam rempah-rempah yang memberikan manfaat menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan yang membuat wedang uwuh begitu bermanfaat:

 

1.   Jahe

 

Salah satu bahan utama dalam wedang uwuh adalah jahe. Jahe memiliki sifat antikoagulan yang membantu mencegah penggumpalan darah, risiko serangan jantung, dan stroke, serta dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan minyak atsiri dalam jahe membantu mengurangi gejala mual dan muntah serta menurunkan tekanan darah.

 

2.   Kayu Secang

 

Kayu secang, yang memberi warna merah pada wedang uwuh, telah lama dikenal sebagai ramuan tradisional yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Secang memiliki sifat anti-kanker, dapat meningkatkan peredaran darah, dan mengandung antioksidan tinggi.

 

3.   Cengkeh

 

Cengkeh adalah bahan lain yang digunakan dalam pembuatan wedang uwuh. Baik bunga, batang, maupun daun cengkeh digunakan untuk memberikan rasa tajam, hangat, dan aroma khas. Cengkeh dapat meredakan kolik, mual, dan perut kembung. Minyak cengkeh sering digunakan sebagai penghilang rasa sakit oleh dokter gigi.

 

4.   Kayu Manis

 

Wedang uwuh juga mengandung kayu manis dan daunnya yang memberikan cita rasa yang nikmat. Kayu manis memiliki sifat antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan dapat membantu mengobati beberapa penyakit seperti sakit perut, sakit kepala, dan kelelahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: