Dianggap Sebagai Minuman Sampah, Berikut fakta Menarik Wedang Uwuh

Dianggap Sebagai Minuman Sampah, Berikut fakta Menarik Wedang Uwuh

Wedang Uwuh -Wedang Uwuh-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Buat kamu yang sering mengkonsumsi jamu dan ramuan herbal tentu tidak asing dengan minuaman yang satu ini Yakni Wedang Uwuh. Apakah minuman in adalah jenis wedang hangat? Berikut ini Asal Usul penamaan wedang uwuh

Indonesia kaya akan sumber daya alam yang melimpah ruah di setiap penjuru Nusantara. Kekayaan sumber daya hayati misalnya, Indonesia punya beragam jenis tanaman buah hingga sayur yang hanya tumbuh di Indonesia dan tidak ditemukan di negara lain.

Dari keragaman hayati tersebut membuat Indonesia juga memiliki banyak sekali minuman tradisional yang kaya akan rempah rempah nan bermanfaat bagi kesehatan dan menyegarkan tubuh.

Salah satu minuman tradisional yang populer dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah wedang uwuh. Wedang uwuh dipercaya memiliki beragam manfaat, termasuk kaya akan antioksidan dan antiinflamasi.

Tidak diragukan lagi, hampir semua minuman tradisional memiliki manfaat bagi kesehatan, termasuk wedang uwuh. Namun, apakah kamu tahu apa itu Wedang Uwuh? Apakah sejenis wedang atau apa?

Wedang Uwuh Sering Disebut Sebagai Minuman Sampah

 Jika kita membicarakan tentang minuman jahe atau ronde, pasti familiar bagi kita karena minuman rempah-rempah tersebut sangat populer dan mudah ditemui. Namun, bagaimana dengan wedang uwuh?

Mungkin tidak semua orang akrab dengan wedang uwuh, minuman tradisional asal Jawa Tengah. Secara harfiah, disebut sebagai "wedang" berarti minuman, dan "uwuh" berarti sampah. Oleh karena itu, wedang uwuh sering kali disebut sebagai minuman sampah.

Meskipun penampilannya tidak terlalu cantik karena berisi campurana rempah  rempah wedang uwuh memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, serta memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Minuman ini berasal dari Yogyakarta dan sering dikaitkan dengan pengobatan tradisional, seringkali diminum saat masih hangat atau panas.

Wedang Uwuh Punya cita Rasa Manis dan Pedas

Wedang uwuh memiliki cita rasa yang manis dan pedas dengan warna merah cerah yang khas serta aroma harum rempah-rempah. Rasa pedas dalam wedang uwuh berasal dari jahe, manisnya dari gula batu, warna merahnya dari secang, dan aroma harumnya dari campuran rempah seperti kayu manis, pala, sereh, cengkeh, dan kapulaga.

Dulu, wedang uwuh dibuat dengan mencampur bahan-bahan utuh seperti air dan rempah-rempah asli. Namun, seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kemudahan, kini wedang uwuh telah dikembangkan menjadi bentuk instan, termasuk dalam bentuk celup.

Nah bagaimana? Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana asal usul wedang uwuh?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: