Karawang Jadi Model Kerukunan Umat Beragama di Jawa Barat, 7 Rumah Ibadah Dibangun di 1 Kompleks

Karawang Jadi Model Kerukunan Umat Beragama di Jawa Barat,  7 Rumah Ibadah Dibangun di 1 Kompleks

Karawang Jadi Model Kerukunan Umat Beragama di Jawa Barat, 7 Rumah Ibadah Dibangun di 1 Kompleks--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Kabupatgen Karawang jadi model kerukunan Umat Beragama di Jawa Barat. Tentu saja kondisi ini harus terus dan tetap dipertahankan, dan bisa menjadi model untuk masyarakat beragama lain di Indonesia.

Memang, jika melihat statistik, geserkan antar umat beragama di Kabupaten Karawang relatif kecil. Seperti kasus pendirian rumah ibadah yang relatif lebih kondusif dibanding daerah lain di luar Karawang.

Karenanya, Pemkab Karawang dengan Bupati Aep Saepulloh  baru-baru ini me-launching Kampung Kerukunan Beragama. Melalui kampung itu, Karawang akan menjadi daerah terlengkap dalam tempat beribadah umat beragama se-Jabar.

BACA JUGA:Gampang Banget, Ternyata Daftar TikTok Affiliator Bisa Dapat Keuntungan, Mau Coba?

Toleransi antar umat beragama merupakan hal yang penting dimiliki setiap orang. Tidak peduli apapun agama yang dianut, setiap masyarakat semestinya berprilaku saling menghargai satu sama lain.

Hal ini pula yang bakal disiapkan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar). Melalui pembangunan Kampung Kerukunan Beragama di kompleks Perumahan Resinda, Karawang bakal dijadikan daerah paling toleran di Jabar.

Kampung Kerukunan Resinda sendiri merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan FKUB Provinsi Jawa Barat. Melalui kempung beragama itu,  Karawang akan menjadi daerah terlengkap dalam tempat beribadah umat beragama se-Jabar.

BACA JUGA:Manfaat Mandi Subuh Dalam Ajaran Islam, Ternyata Bisa Menyembuhkan Jerawat

“Alhamdulillah, keberagaman di Kabupaten Karawang ini luar biasa dan toleransinya juga harus luar biasa. Dengan adanya perbedaan ini menjadikan keharmonisan untuk Kabupaten Karawang maju,” ucap Bupati Karawang, Aep Syaepuloh usai me-launching Kampung Kerukunan Beragama, Rabu, April 2024.

Di Kampung beragama ini, nantinya terdapat 7 rumah ibadah yang berdampingan yaitu Gereja GPDI, Gereja HKBP, Gereja St Marius, Vihara Sanghamitta, Pura Agung Sangga Bhuwana, Kongmiao Gerbang Kebajikan dan Masjid Baitussalam.

Di samping itu, untuk menegaskan keberadaan Kampung Beragama, Kemenag Karawang telah menerbitkan aturan pembinaan untuk mewujudkannya dan telah membentuk Kampung Moderasi Beragama di tiga kecamatan yaitu Karawang Barat, Pangkalan dan Cibuaya. 

BACA JUGA:Inilah Manfaat Lampu Dimatikan saat Tidur di Malam Hari, Kamu Tim yang Mana?

“Dengan begitu, insya Allah Karawang akan menjadi daerah rujukan dengan tinggi toleransi beragama di Jawa Barat dan atau Indonesia,” serunya.

Sebagai informasi, launching Kampung Kerukunan Resinda ditandai dengan peletakan batu pertama dan pelepasan merpati oleh Bupati Karawang, Ketua FKUB Karawang, Kaban Kesbangpol Jawa Barat dan Direktur PT BMJE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: