7 Ciri Fisik yang Menandakan Umur Ikan Cupang Sudah Tua

7 Ciri Fisik yang Menandakan Umur Ikan Cupang Sudah Tua

Ciri ciri fisik ikan cupang sudah tua-Ciri ciri fisik ikan cupang sudah tua-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Tahukah Kamu bahwa ikan cupang juga dikenal sebagai Betta Fish atau Siamese Fighting Fish yang terkenal dengan warna-warni yang menarik dan sirip yang elegan? Seperti manusia, umur ikan cupang juga mengalami proses penuaan seiring berjalannya waktu.

 

Biasanya, ikan cupang dapat hidup antara 2 hingga 5 tahun, tergantung pada perawatan yang diberikan. Ikan cupang yang dirawat dengan baik dan mendapatkan pola makan yang sesuai memiliki umur yang lebih panjang.

 

Ciri ciri fisik ikan cupang sudah tua

 

Selain itu, ketika ikan cupang memasuki tahap penuaan, mereka akan secara perlahan mulai menunjukkan ciri-ciri penuaan selama periode 3-8 bulan. Namun, jika terjadi kemunculan bintik-bintik dalam beberapa hari, kemungkinan besar itu disebabkan oleh penyakit tertentu dan sering kali karena kualitas air yang buruk. Berikut adalah penjelasan untuk mengenali ciri-ciri bahwa ikan cupang telah menua:

 

1. Perubahan Warna

 

Seperti halnya rambut manusia yang dapat memudar seiring bertambahnya usia, demikian pula dengan warna sisik ikan. Warna biru muda yang semula solid akan perlahan berubah menjadi coklat atau abu-abu seiring waktu, meninggalkan sedikit dari warna sebelumnya.

 

2. Berhenti Membuat Sarang Gelembung

 

Beberapa ikan cupang yang sehat biasanya membangun sarang gelembung setiap beberapa minggu dengan harapan betina akan datang dan kawin. Namun, ikan cupang yang lebih tua mungkin hanya membuat sedikit sarang gelembung dalam setahun, atau bahkan tidak lagi membuatnya sama sekali. Ini menKamukan bahwa minat mereka untuk berkembang biak telah menurun seiring bertambahnya usia.

 

3. Tidur Lebih Sering

 

Ikan cupang cenderung tidur lebih sering seiring bertambahnya usia. Frekuensi tidur ini tergantung pada usia mereka, tetapi semakin tua mereka, semakin sering mereka tidur. Namun, tidur ikan cupang berbeda dengan tidur manusia.

 

4. Perubahan pada Sirip

 

Apakah ikan cupang Kamu sebelumnya memiliki sirip yang indah dan sempurna, tetapi sekarang terlihat lusuh dan melengkung di tepinya? Seperti halnya rambut yang kehilangan kilau dengan bertambahnya usia, sirip ikan cupang juga dapat aus atau menyusut seiring waktu saat mereka menua. Jika ikan cupang tidak sakit dan bukan karena faktor usia, kemungkinan besar perubahan tersebut disebabkan oleh perubahan pH air.

 

5. Kemunculan dan Penghilangan Titik Putih

 

Beberapa penggemar ikan hias mungkin menganggap tKamu ini sebagai indikasi usia ikan cupang. Kamu mungkin mengira bahwa bintik putih tersebut adalah sesuatu yang umum, tetapi sebenarnya itu menyerupai tKamu penuaan pada ikan. Titik putih misterius akan muncul di wajah ikan cupang dan kemudian menghilang secara tiba-tiba dalam waktu seminggu. Seiring dengan bertambahnya usia ikan cupang, bintik-bintik putih ini akan muncul dan menghilang lebih sering di berbagai bagian kepala. Meskipun tidak berbahaya, Kamu tetap dapat memeriksa kualitas air untuk memastikan keamanannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: