Tips Mengenalkan Gadget pada Anak agar Tidak Kecanduan

Tips Mengenalkan Gadget pada Anak agar Tidak Kecanduan

Tips Mengenalkan Gadget pada Anak agar Tidak Kecanduan-(Pixabay/ongchinonn)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Saat ini mengenalkan gadget pada anak menjadi hal yang wajar. Jika dilakukan dengan tepat, gadget dapat membawa pengaruh positif untuk anak.

Karena itulah Moms perlu mengetahui tips mengenalkan gadget pada anak agar si Kecil tidak kecanduan dan terbawa pengaruh buruk.

Bahaya Anak Bermain HP

Sebelum membahas tips mengenalkan gadget pada anak, mari kita sekarang bahas dampak negatif dari anak-anak bermain HP terhadap perkembangan mereka.

Menurunkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif

Dikarenakan segala informasi telah tersedia di internet, anak-anak cenderung enggan untuk berpikir secara kritis dan mengembangkan ide-ide kreatif baru.

Mereka lebih suka menerima informasi yang telah ada, sehingga kemampuan berpikir kritis dan kreatif mereka tidak terlatih.

Menghambat Perkembangan Keterampilan Sosial

Anak-anak seringkali menghabiskan waktu yang lama dengan gadget, menyebabkan mereka kurang berinteraksi dengan teman-teman sebaya.

Akibatnya, keterampilan sosial mereka terhambat, menyulitkan mereka untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Selain itu, rasa percaya diri juga dapat terpengaruh karena kurangnya pengalaman bertemu dan berinteraksi dengan orang lain.

Mengurangi Kemampuan Konsentrasi, Daya Ingat, dan Ketekunan

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat mengurangi kemampuan konsentrasi anak, terutama saat mereka tidak menggunakan gadget.

Mereka menjadi mudah teralihkan dan gelisah saat tidak menggunakan gadget, sehingga kesulitan untuk fokus pada tugas yang sedang mereka kerjakan.

Daya ingat juga dapat menurun karena mereka cenderung mengandalkan gadget untuk menyimpan informasi yang seharusnya mereka ingat.

Selain itu, ketekunan dalam belajar dan menyelesaikan tugas juga dapat berkurang karena anak-anak cenderung malas mencari solusi atas masalah yang mereka hadapi, mengingat segala informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet.

Menurunkan Kepedulian terhadap Alam

Salah satu dampak negatif dari bermain HP adalah anak-anak menjadi kurang mengenal dan peduli terhadap alam.

Meskipun mereka dapat mempelajarinya melalui layar, pengalaman secara langsung dengan alam akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Ketika anak-anak lebih dekat dengan alam, mereka dapat mengenal lebih baik tentang binatang, tumbuhan, danau, serta keindahan alam secara langsung.

Mereka juga dapat terlibat dalam berbagai aktivitas fisik yang baik untuk pertumbuhan tulang dan otot mereka.

Panduan Mengenalkan Gadget pada Anak

Perkembangan zaman merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari, sehingga pada akhirnya anak-anak akan terpapar dengan gadget, entah cepat atau lambat.

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk mengetahui cara yang tepat untuk memperkenalkan gadget kepada mereka.

Menurut laporan dari Concordia University Nebraska, terdapat empat panduan bagi orang tua dalam memperkenalkan gadget kepada anak-anak mereka dengan baik, antara lain:

Pengenalan Gadget pada Masa Preschool

Masa preschool, atau pendidikan anak usia dini (PAUD), biasanya dimulai pada usia 3–5 tahun.

Pada masa ini, Moms dapat mulai secara bertahap memperkenalkan HP kepada Si Kecil.

Namun, sebaiknya hindari memberikan gadget kepada anak pada tahap awal kehidupan mereka karena hal tersebut dapat memiliki dampak negatif pada perkembangan mereka di masa depan.

Anak-anak di bawah usia dua tahun belajar dari pengalaman langsung dan interaksi dengan lingkungan sekitar mereka.

Oleh karena itu, setiap waktu yang dihabiskan Si Kecil dengan gadget merupakan waktu di mana mereka tidak dapat mengeksplorasi dunia atau menggunakan indera mereka, yang merupakan hal penting dalam proses perkembangan.

Berpartisipasi dalam Permainan Gadget Bersama Anak

Sangat dianjurkan bagi orang tua untuk aktif terlibat ketika anak-anak mulai bermain dengan gadget, terutama pada usia yang lebih muda.

Moms dapat membantu anak-anak memperoleh lebih banyak informasi dari smartphone atau tablet dengan berbagi pengalaman bersama.

Melibatkan anak-anak saat mencoba aplikasi baru, mengajukan pertanyaan tentang permainan, dan menunjukkan berbagai aspek dari konten yang mereka akses.

Praktik ini, yang sering disebut sebagai "menonton bersama", telah terbukti meningkatkan pemahaman anak saat diterapkan saat menonton TV, menurut Jaynes.

Menerapkan Batasan Waktu atau Screen Time

Ketika anak-anak menggunakan gadget, menerapkan batasan waktu penggunaan HP dapat membantu mengurangi risiko anak menjadi terlalu bergantung pada teknologi.

Orang tua dapat menentukan kapan anak-anak diizinkan menggunakan HP dan kapan mereka harus berhenti menggunakannya. Dengan demikian, diharapkan anak-anak akan mematuhi batasan yang telah ditetapkan.

Menurut Jaynes, ketika anak tetap konsisten dalam mengikuti batasan yang ditetapkan, mereka akan lebih mungkin mengembangkan hubungan yang sehat dengan teknologi modern.

Memilih Konten yang Tepat

Saat ini, ada banyak konten yang ramah anak yang harus dipertimbangkan oleh setiap orang tua. Sangat penting untuk memperhatikan konten dan pesan saat memilih media yang sesuai dengan usia anak. Orang tua perlu memperhitungkan apa yang sedang ditonton dan dimainkan anak-anak.

Orang tua juga dapat mencari rentang usia yang direkomendasikan untuk aplikasi atau konten yang akan diakses oleh anak.

Terdapat banyak permainan dan aktivitas interaktif di gadget yang tidak selalu tentang mata pelajaran sekolah tetapi tetap berguna bagi anak-anak dan lebih dari sekadar hiburan.

Beberapa contoh seperti permainan dan aktivitas yang melibatkan anak-anak, seperti:

- Untuk meningkatkan keterampilan berpikir, seperti permainan memori, teka-teki.

- Untuk meningkatkan aktivitas penalaran spasial, seperti memainkan permainan memelihara hewan peliharaan digital.

- Untuk meningkatkan keterampilan kreatif, seperti menggambar, membuat musik.

Jenis konten semacam itu merupakan pilihan yang bagus untuk mendukung perkembangan anak.

Durasi Pemakaian Gadget pada Anak

Kebanyakan menggunakan gadget juga dapat mengurangi waktu dan kualitas tidur anak.

Oleh karena itu, Moms perlu mengatur batasan waktu penggunaan gadget agar anak tetap dapat beraktivitas dan bersosialisasi sebagaimana mestinya sesuai dengan usianya.

Anak usia 2-5 tahun sebaiknya hanya menggunakan gadget selama 1-2 jam per hari. Sementara anak di atas 6 tahun dapat menggunakan gadget lebih lama, namun harus diimbangi dengan aktivitas fisik minimal 60 menit per hari.

Meskipun durasi tersebut dianggap ideal, masih banyak anak yang menggunakan gadget melebihi batas waktu yang disarankan.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, Moms perlu lebih memantau penggunaan gadget anak agar tidak berlebihan dan berpotensi memberikan dampak negatif pada kehidupannya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: