Rekomendasi 9 jenis ikan peliharaan yang mudah dirawat di rumah, cocok buat pemula

Rekomendasi 9 jenis ikan peliharaan yang mudah dirawat di rumah, cocok buat pemula

ikan peliharaan -ikan peliharaan -

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Berbagai orang menyukai suasana rumah yang dihiasi dengan hewan-hewan imut dan unik. Umumnya mereka sengaja memelihara hewan tersebut untuk sekedar dipelihara, penjaga ataupun dibudidayakan.

Banyak sekali hewan yang cocok untuk dipeliharan di rumah, kau bisa menggunakannya untuk kesenangan pribadi seperti menjadi teman, merawat anak bermain, menjaga rumah, mengoleksinya sebagai hobi, menjadikannya sebagai hewan ternak. Dan masih banyak lagi kegunaaan hewan peliharaan lainnya.

Namun, memelihara hewan bukanlah hal yang mudah, kamu harus ekstra sabar dan rajin menjaga tumbuh kembang hewan agar tidak mati di kemudian hari. Tentunya ini jadi PR buat para pemula yang ingin memelihara hewan.

Buat kamu yang masih bimbang memilih hewan peliharaan yang cocok untuk menemanimu, berikut ini rekomendasi 7 jenis ikan peliharaan yang mudah dirawat di rumah dan cocok dirawat oleh pemula. Diantaranya adalah :

 

1. Ikan Cupang

Dikenal juga sebagai Betta Fish, ikan cupang memiliki beragam warna, corak, dan jenis. Asalnya dari Asia, ikan ini biasanya ditemukan di perairan dangkal, rawa-rawa, atau sungai dengan arus air yang lambat. Ikan kecil ini telah dikembangkan menjadi berbagai varietas yang menarik dengan warna-warna cerah.

Ikan cupang umumnya hidup sendirian dan ditempatkan dalam wadah terpisah dari ikan lainnya. Mereka juga termasuk dalam kategori hewan peliharaan yang mudah dirawat, karena mereka dapat diberi makanan pelet dan serangga kecil secara rutin. Namun, perawatan rutin seperti membersihkan wadah dan memberi tambahan seperti obat anti jamur dan daun ketapang juga diperlukan.

2. Ikan Hias

Ikan hias merupakan salah satu hewan peliharaan yang populer di Amerika Serikat, dengan sekitar 12% rumah tangga memelihara ikan hias. Ikan hias merupakan pilihan hewan peliharaan yang mudah dirawat dan menyenangkan.

Ada berbagai jenis ikan hias air tawar dan air laut yang dapat ditempatkan dalam akuarium berukuran besar. Anda dapat menambahkan tanaman air, pasir, oksigen, dan dekorasi lainnya untuk mempercantik akuarium.

Makanan ikan hias juga bervariasi, mulai dari jentik nyamuk, kutu air, pelet, hingga cacing sutra. Beberapa contoh ikan hias yang populer adalah Ikan Guppy, Neon Tetra, Ikan Sumatra, Ikan Neon Hitam, Ikan Mas, Angelfish, dan masih banyak lagi. Apakah Anda tertarik untuk memelihara ikan hias?

3. Ikan Koi

Ikan Koi, dalam bahasa Jepang disebut Nishikigoi, adalah salah satu simbol persahabatan dan cinta. Ikan Koi merupakan ikan hias yang sering ditempatkan di kolam atau akuarium. Ada beberapa jenis Koi yang biasanya dipelihara di rumah, seperti Kohaku, Taisho Sanshoku, dan Showa Sanshoku.

4. Ikan Arwana

Ikan Arwana merupakan salah satu ikan hias dengan harga yang tinggi. Mereka termasuk dalam suku ikan air tawar primitif dan masih memiliki hubungan dengan ikan Arapaima gigas.

Ikan Arwana memiliki warna yang indah dan bentuk kepala yang unik. Harga satu ekor ikan Arwana bisa mencapai puluhan juta rupiah. Beberapa jenis ikan Arwana yang populer termasuk:

a. Arwana Super Red

Ikan arwana jenis Super Red berasal dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum, Kalimantan Barat. Menurut informasi dari Kkp.go.id, ikan ini memiliki tubuh berwarna merah dan dapat dibedakan menjadi empat varietas, yaitu Arwana Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas (Golden Red).

b. Arwana Golden Red (Red Tail Golden, RTG)

Arwana Golden Red memiliki sisik yang berwarna emas. Biasanya, varietas ini memiliki warna yang lebih kusam pada awal perkembangannya dibandingkan dengan varietas lainnya.

c. Arwana Hijau (Green Arwana/Golden Piano)

Arwana Hijau dapat ditemukan di negara-negara seperti Thailand, Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Indonesia. Ikan ini memiliki warna kelabu kehijauan dengan garis-garis di bagian ekor, serta memiliki mulut yang lebih besar dibandingkan dengan varietas lainnya.

d. Arwana Banjar

Arwana Banjar memiliki sirip berwarna jingga pucat, ekor kuning atau jingga, dan tidak memiliki warna merah pada tubuhnya. Ciri khas lainnya adalah bentuk kepala yang cenderung bulat dan mulut yang tidak terlalu lancip.

e. Arwana Silver/Arwana Brazil

Ikan arwana varietas Silver memiliki panjang sekitar 50-60 cm dan berasal dari Amerika Selatan. Warna tubuhnya berwarna platinum perak atau silver dengan keseluruhan tubuh yang memiliki warna perak merata.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: