Langkah Taktis Bupati Karawang Atasi Masalah Pengangguran, Gandeng Ratusan Perusahaan Cetak SDM Siap Industri

Langkah Taktis Bupati Karawang Atasi Masalah Pengangguran, Gandeng Ratusan Perusahaan Cetak SDM Siap Industri

Pemerintah Kabupaten Karawang terus berbenah dalam mempersiapkan sumber daya unggul khususnya di bidang industri.--(sumber foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Karawang terus berbenah dalam mempersiapkan sumber daya unggul khususnya di bidang industri. Setelah sukses besar dengan program pemagangan, kini Disnakertrans Karawang bersama Dinas Pendidikan berkolaborasi dalam mencetak SDM siap industri melalui program pembinaan. 

Bupati Karawang Aep Syaepulloh menyebut, setiap tahun Kabupaten Karawang melukiskan lebih dari 36 ribu siswa lulusan SMK/SMA sederajat. Namun, berdasarkan data statistik hanya 20 persen dari lulusan itu yang melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana (S1). 

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Karawang bersama Disnakertrans dan Dinas Pendidikan menggandeng perusahaan untuk ikut andil dalam membantu pemerintah menyiapkan SDM siap industri. Agar, para lulusan SMK/SMA di Karawang bisa memenuhi standard kualifikasi pekerja untuk di kawasan industri.

BACA JUGA:Bersaing dalam 12 Mata Lomba, 816 Siswa MTs di Karawang Ikuti Aksioma 2024 

"Pemerintah Kabupaten Karawang memberikan kemudahan kepada bapak/ibu untuk berinvestasi di Karawang. Oleh sebab itu, kami berharap kerjasama ini bisa berjalan untuk mencetak anak-anak kita agar siap bekerja di industri," ujar Aep saat berdiskusi dengan perwakilan perusahaan, pekan kemarin. 

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Karawang Rosmalia Dewi mengatakan, program sekolah industri sebelumnya sudah bergulir di Karawang. Namun hingga saat ini masih belum optimal karena masih sangat sedikit perusahaan yang terbuka untuk membuka kelas tersebut.

Melalui kerjasama ini, Disnakertrans dam Dinas Pendidikan Karawang berharap bisa secara komperhensif mencetak lulusan SMK/SMA sederajat yang benar-benar di cetak di sekolah untuk bekerja di kawasan industri.

BACA JUGA:Link Nonton One Room, Hiatari Futsuu, Tenshi-Tsuki Episode 6 sub Indo

"Ini merupakan inisiasi dari Pak Bupati, dimana kami harus memaksimalkan keberadaan perusahaan untuk mencetak SDM. Selain pemagangan ada juga sekolah industri. Nantinya kerjasama antara Dinas Pendidikan kita benar-benar mencetak lulusan SDM yang siap industri," ujar Rosmalia. 

Melalui program ini, kata dia, pemerintah akan melakukan penyesuaian terhadap kurikulum pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Khususnya perusahaan yang ada di kawasan industri. 

"Disnaker sebagai fasilitator akan memfasilitasi agar maksud tujuan pertemuan ini bisa terselenggara," katanya. 

Disisi lain, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang Cecep Mulyana menambahkan, meskipun Pendidikan SMK/SMA sederajat merupakan kewenangan pemerintah provinsi.

BACA JUGA:Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Season 2 Cour 2 - Episode 05, Sinopsis dan Link Resmi

Namun, Pemerintah Kabupaten Karawang terus berupaya untuk menyesuaikan kurikulum yang ada dengan berbagai program muatan lokal yang salah satunya berbasis industri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: