Peringati Hari Air Dunia ke-32, Pemprov Jabar Usung Tema 'Water For Peace'

Peringati Hari Air Dunia ke-32, Pemprov Jabar Usung Tema 'Water For Peace'

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air melaksanakan peringatan hari air dunia ke-32 dengan tema Water for Peace, tahun ini kegiatan tersebut digelar di Situ Kemang dan dihadiri Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, pada Kamis, 2 Mei --(foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air melaksanakan peringatan hari air dunia ke-32 dengan tema Water for Peace, tahun ini kegiatan tersebut digelar di Situ Kemang dan dihadiri Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, pada Kamis, 2 Mei 2024.

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menjelaskan bahwa penjaga pintu air dan petugas operasi bendungan kerap dipandang sebelag mata, padahal mereka merupakan aktor penting dalam manajemen air dan keselamatan masyarakat.

Pintu air dan bendungan, lanjut Bey, merupakan insfrastruktur yang multifungsi, seperti mendukung pertanian, menyediakan sumber air bagi masyarakat, sumber energi listrik, pengendalian banjir, serta fungsi pariwisata.

"Dengan ada kegiatan pembinaan ini, diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kompetensi para petugas, yang pada akhirnya akan membawa manfaat besar bagi masyarakat Jawa Barat,” katanya.

BACA JUGA:Pendi Anwar: Demokrat Usung Haji Oma, Haji Jenal dan Deddy

BACA JUGA:Gak Perlu Khawatir Lagi, Kini Ratusan Relawan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Bekasi Dilindungi Asuransi

Dicky Rachmat Siddik menilai Air sebagai salah satunya sumber kehidupan yang memiliki salah satu fungsi menciptakan keseimbangan, namun jika tidak dikelola dengan baik air putih bisa menimbulkan konflik.

"Maka dari itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berkomitmen untuk menjaga kelestarian air dengan melibatkan berbagai pihak mulai dari pelajar, komunitas termasuk dalam hal penanaman pohon dan bersih-bersih sungai," katanya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan sarah sehan dengan para Penjaga Pintu Air dan Penjaga Pintu Bendung. Mereka dinilai memiliki peran penting dalam menjaga infrastruktur air irigasi atau pintu air di provinsi jawa barat

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa meningkatkan motivasi dalam menjaga dan mengatur pintu air dan bendung untuk kelangsungan hidup dan berbagai ekosistem di lingkungan sekitar.

BACA JUGA:Lagi Asyik Mancing, Dua Kawanan Curanmor Dicokok Tim Reskrim Polsek Cikarang Timur

BACA JUGA:Peringati Hari Buruh Sedunia, BPJS Ketenagakerjaan Karawang Bagi-bagi Souvenir dan Snack kepada Peserta

Pihaknya menyampaikan banyak terimakasih terhadap berbagai pihak yang turut membantu dalam menjaga kelestarian air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: