Belasan Rumah dan Puluhan Jiwa Terdampak Angin Puting Beliung Kabupaten Bangka Selatan

Belasan Rumah dan Puluhan Jiwa Terdampak Angin Puting Beliung Kabupaten Bangka Selatan

Belasan rumah di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) disapu angin puting beliung. Akibatnya, atap rumah warga jebol hingga ada yang ambruk.--(sumber foto : BNPB)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Sebanyak 12 rumah di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) disapu angin puting beliung. Akibatnya, atap rumah warga jebol hingga ada yang ambruk.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (12/5/2024) petang di Desa Nyelanding, Kecamatan Air Gegas, Basel. 

Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang disertai oleh angin puting beliung terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA:Sekretariat DPRD Jabar dan DPRD Sumut Bahas Pertanggungjawaban Pelaksanaan-Pembahasan APBD

Peristiwa yang terjadi di Desa Nyelanding, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan ini mengakibatkan beberapa atap rumah warga yang terbuat dari seng serta asbes terlepas dari tempatnya dan berterbangan, kejadian ini cukup mengejutkan masyarakat sekitar dikarenakan fenomena alam ini terjadi secara tiba tiba dan dibarengi dengan kondisi hujan dengan intensitas tinggi yang sedang melanda kawasan tersebut. 

Berdasarkan laporan yang diterima oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, tercatat sebanyak 36 jiwa dan 12 rumah warga terdampak kejadian angin puting beliung ini. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa wilayah Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan masih berpotensi hujan ringan hingga beberapa hari kedepan.

BACA JUGA:Pemkab Karawang Lepas Pemberangkatan 430 Calon Jemaah Haji untuk Kloter 05 JKS di Islamic Center

Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (PB) Kabupaten Bangka Selatan dan BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih melakukan asesmen dan koordinasi kepada aparat di wilayah terdampak serta terus menginformasikan kepada masyarakat agar senantiasa waspada dan siaga terhadap segala bentuk ancaman bencana hidrometeorologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: