Tak hanya Membersihkan, Berikut Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Tak hanya Membersihkan, Berikut Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut-(Pixabay/Gammarak-Ind)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID -Siwak mengandung kalsium, klorida, dan fluorida, yang berperan dalam memperkuat enamel gigi, mencegah kerusakan gigi, dan menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan.

 

Sifat antibakteri alami pada miswak membantu mengurangi pertumbuhan plak dan kuman di mulut, menjaga kesehatan gigi dan gusi, serta mencegah masalah gigi seperti karies.

 

Sifat abrasif miswak secara alami membantu memutihkan gigi dengan menghilangkan plak dan noda, sehingga gigi tampak lebih cerah.

 

Dengan memanfaatkan siwak, kamu dapat merasakan manfaat pembersihan gigi yang efektif dan juga melindungi kesehatan mulut secara alami.

 

Menyembuhkan radang gusi

 

Radang gusi atau gingivitis adalah kondisi yang ditandai oleh peradangan dan kemerahan pada gusi akibat plak yang menumpuk.

 

Siwak memiliki potensi untuk mengatasi masalah ini. Sebuah studi dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan bahwa penggunaan miswak selama 6 hingga 8 minggu dapat mengurangi plak gigi dan meningkatkan kondisi gusi.

 

Selain itu, menurut penelitian dalam Journal of Periodontology, miswak dapat efektif melawan organisme penyebab penyakit gusi seperti Porphyromonas gingivalis dan Aggregatibacter actinomycetemcomitans, yang berperan dalam perkembangan gingivitis. Dengan demikian, penggunaan miswak dapat membantu mencegah serta mengatasi radang gusi.

 

Mengatasi masalah bau mulut

 

Seringkali penyebab bau mulut adalah penurunan produksi air liur, bisa diatasi dengan miswak berkat kandungan tanin yang dimilikinya. Tanin adalah nutrisi alami yang dapat merangsang produksi air liur premolar, membantu mengatasi kekeringan mulut, dan meminimalkan bau mulut.

 

Minyak atsiri yang terdapat dalam miswak juga memberikan aroma segar serta rasa yang lembut pada napas. Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa alkaloid bernama salvadorine dalam siwak memiliki sifat antibakteri yang efektif dalam membunuh patogen penyebab bau mulut.

 

Dengan demikian, miswak membantu menghilangkan bau mulut dan menjaga kesegaran napas.

 

Mengatasi sariawan

 

Miswak memiliki manfaat dalam menyembuhkan sariawan karena mengandung vitamin C. Vitamin ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memungkinkan tubuh untuk melawan patogen penyebab sariawan secara efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: