Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang pada Anak!

Yuk Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang pada Anak!

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang pada Anak-(Pixabay/renatalferro)-

 

Anak-anak, khususnya yang berusia di bawah 8 tahun, mungkin belum memiliki keterampilan motorik yang cukup berkembang untuk menyikat gigi dengan benar.

 

Ini dapat mengakibatkan penyikatan gigi yang tidak maksimal dan menyisakan plak yang berpotensi menyebabkan gigi berlubang.

 

Oleh karena itu, bagi anak-anak di bawah 8 tahun, disarankan agar orangtua tetap mengawasi atau membantu anak menyikat gigi setelah mereka selesai melakukannya. Dengan demikian, kesehatan gigi anak tetap terjaga dengan baik.

 

Pentingnya kontrol ke dokter gigi

 

Pemeriksaan gigi yang dilakukan secara teratur, biasanya setiap 6 bulan sekali, memiliki manfaat besar dalam mendeteksi masalah gigi lebih awal.

 

Jika selama pemeriksaan ditemukan tanda-tanda gigi berlubang, langkah penambalan gigi dapat dilakukan dengan cepat untuk mencegah masalah semakin memburuk.

 

Cara mengobati gigi berlubang pada anak

 

Gigi yang berlubang pada nak jika tidak segera Ibu dan Ayah tangani dapat menajdi semakin dalam. Kondisi ini juga dapat menegnai bagian pulpa yang di dalamnya terdapt saraf dan pembuluh darah. Sehingga akan timbul rasa nyeri pada gigi berlubang dan dapat mengganggu aktivitas si Kecil.

 

Selain itu, bakteri penyebab gigi berlubang akan terus aktif dalam merusak gigi dan dapat memicu infeksi. Bila hal ini kita biarkan, bakteri akan memproduksi nanah dan gas yang dapat menekan jaringan sekitar. Kondisi ini dapat membuat husi bengkak dan terasa sakit.

 

Terdapat beberap acra yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi gigi berlubang yang si Kecil alami, di antaranya yaitu:

 

Penggunaan kompres dingin

 

Untuk mengatasi rasa sakit gigi pada anak, langkah pertama adalah dengan menggunakan kompres air dingin atau es batu. Metode ini efektif dalam meredakan nyeri dan pembengkakan gusi. Cukup bungkus es batu dengan kain atau handuk, lalu tempelkan pada area yang terasa sakit selama 15–20 menit.

 

Namun, perlu ibu perhatikan bahwa jika anak merasa tidak nyaman, kompres tersebut sebaiknya segera dilepaskan. Selain itu, metode ini tidak disarankan untuk kasus gigi sensitif.

 

Berkumur dengan air garam

 

Mengatasi sakit gigi pada anak bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan air garam, asalkan anak sudah berusia di atas 5 tahun dan mampu berkumur dengan baik. Air garam dapat membantu meredakan rasa nyeri, mengurangi peradangan, dan membunuh bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: