Purwakarta Intensifkan Pemeriksaan hingga Vaksinasi Hewan Ternak

Purwakarta Intensifkan Pemeriksaan hingga Vaksinasi Hewan Ternak

Purwakarta Intensifkan Pemeriksaan hingga Vaksinasi Hewan Ternak--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kebutuhan terhadap kambing dan sapi bakal meningkat saat Hari Raya Idul Adha mendatang.

Untuk mengantisipasi persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, penyuntikan vaksinasi semakin diintensifkan.

Tak ayal, Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) Kabupaten Purwakarta pun kembali gencar melakukan pemeriksaan hewan ternak. Baik pemeriksaan surat jalan hewan ternak yang masuk ke Pasar Hewan Ciwareng, Purwakarta hingga pemeriksaan fisik hewan ternak dan vaksinasi.

Kapala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta, Wini Karmila mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan di pintu masuk Pasar Hewan Ciwareng Kabupaten Purwakarta.

BACA JUGA:PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025, SMAN 3 Cikampek Jaring 324 Siswa

Adapun pemeriksaan yang dilakukan diantaranya adalah surat jalan hewan ternak dan kelengkapan vaksin. Bila di pasar hewan tersebut ditemukan hewan yang belum divaksin, pihaknya akan langsung meberikan vaksin terhadap hewan tersebut.

"Kami melakukan pemeriksaan baik dari segi administrasi maupun kondisi kesehatan hewan," kata dia.

Wini menuturkan, hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya hewan terjangkit PMK. Selain itu nantinya petugasnya juga melakukan pemeriksaan terhadap hewan yang diperdagangkan di lokasi pasar tersebut.

"Dari pemeriksaan yang telah dilakukan sementara ini, belum ditemukan adanya kasus penyakit zoonosis pada ternak sapi maupun kerbau," tutur dia.

Wini menyebut, pemeriksaan tersebut akan terus gencar dilakukan menjelang hari raya qurban Idul Adha 2024.

BACA JUGA:Serbu Hadiah Gratis, Yuk Klaim Kode Redeem FF Hari Ini 6 Juni 2024

Sementara itu, ia juga menambahkan, mendekati Idul Adha 2024, penjualan hewan ternak termasuk untuk kebutuhan kurban di pasar hewan Ciwareng terus meningkat hingga 60 persen.

"Rata rata hewan ternak dari luar masuk sekitar 500 ekor. Penjualan naik dari hari biasa yang sekitar 200 ekor," pungkas dia. (adv/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: