Tahun 2026 Diperkirakan Pembangunan KRL ada di Karawang

Tahun 2026 Diperkirakan Pembangunan KRL ada di Karawang

ilustrasi gambar, KRL--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, membeberkan rencana pembangunan proyek KRL commuter line ada di Karawang

Menurutnya, pembangunan KRL di kota pangkal perjuangan itu cepat atau lambat segera direalisasikan. 

"Yang namanya Karawang secara makro menjadi satu inisiatif dari pemerintah, sebagai contoh ke arah barat kita sudah lakukan sampai Rangkas Bitung, Karawang bisa tahun depan atau 2026," kata Budi Karya dilansir dari CNBC (6/6).

"Saya belum cek datanya, tapi memang aglomerasi ini akhirnya menuju kesana," sambungnya. 

Ia pun mencontohkan projek KRL yang telah ada di daerah lain. Menurutnya, progres yang berkembang ke wilayah-wilayah aglomerasi.

BACA JUGA:Cegah Penyakit Menular, DPKP Karawang Sebar 214 Tim Pemeriksa Hewan Kurban

"Sebagai contoh Jogja-Solo-Madiun, nanti kita teruskan sampai Purwokerto, Surabaya, juga ke Mojokerto jadi KRL," kata Budi Karya.

Ia mengatakan, beberapa projek KRL yang bakal dibangun sudah masuk pembicaraan dan sedang dilakukan pendalaman studi.

"Sudah dilakukan studi finalisasi atas persetujuan, dan prinsipnya sudah mekanisasi di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)," kata BKS.

Sebelumnya, beberapa pihak menilai wacana proyek perpanjangan jaringan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line ke Karawang memang harus dilakukan. Ini karena angkutan rel perkotaan menjadi solusi untuk mengatasi padatnya kawasan perkotaan seperti Jabodetabek.

BACA JUGA:Setia Gunakan Xenia, Hendy Dapat Penghargaan dari PT Astra Daihatsu Motor di Acara Kumpul Sahabat Bandung

"Pada dasarnya, catatan dari MTI, kalau kita itu mau melayani transportasi suatu kawasan perkotaan yang sangat padat seperti Jabodetabek ini solusinya adalah angkutan rel perkotaan. Jadi itu tidak bisa dihindari sebetulnya kalau mau diperpanjang sampai Karawang," kata Ketua Umum MTI Tory Damantoro beberapa waktu lalu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: