Bunda Wajib Tau! Seperti ini Cara Aman Mengobati Kuku Cantengan Pada Bayi

Bunda Wajib Tau! Seperti ini Cara Aman Mengobati Kuku Cantengan Pada Bayi

Kuku Bayi CANTENGAN --

Tidak hanya pada orang dewasa, cantengan juga dapat mengganggu bayi. Kuku cantengan pada bayi seringkali menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat bayi rewel serta menangis karena rasa sakit. Untuk meredakan nyeri dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan di rumah.

BACA JUGA:7 Langkah Mudah Mengobati Kuku Cantengan Hanya di Rumah

Cantengan terjadi ketika kuku menekan atau menancap ke dalam kulit, dan biasanya terjadi di jempol kaki. Salah satu faktor penyebab cantengan pada bayi adalah penggunaan kaus kaki atau sepatu yang terlalu sempit. Selain itu, kesalahan saat memotong kuku bayi juga dapat memicu kuku cantengan, misalnya dengan memotong kuku terlalu dalam atau terlalu dekat dengan kulit.

Cara Mengatasi Cantengan pada Bayi

Ketika mengalami cantengan, jari kaki bayi bisa terlihat merah, bengkak, dan mengeluarkan cairan kuning. Bayi yang mengalami kuku cantengan biasanya menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan dengan menangis, rewel, dan menunjukkan penolakan saat akan mengenakan sepatu karena kondisi ini dapat menyebabkan nyeri. Untuk mengatasi cantengan pada bayi, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

1.       1. Rendam kuku bayi dengan air sabun hangat

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah merendam kuku bayi dalam air sabun hangat selama sekitar 10 menit. Tujuannya adalah untuk meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh cantengan. Proses ini sebaiknya dilakukan sebanyak 2–3 kali sehari.

2.       2. Pastikan kaus kaki atau sepatu tidak terlalu ketat

Baik ketika dalam kondisi normal atau mengalami cantengan, hindari memakai kaus kaki atau sepatu yang terlalu sempit pada bayi. Penggunaan yang tidak tepat dapat memperburuk rasa sakit. Jika diperlukan, biarkan bayi tidak menggunakan kaus kaki atau sepatu saat berada di rumah.

3.       3. Berikan obat pereda nyeri

Jika kuku cantengan menyebabkan ketidaknyamanan yang parah pada bayi, Anda dapat memberikan obat pereda nyeri seperti parasetamol. Namun, pastikan untuk mengikuti dosis yang sesuai dengan usia bayi, biasanya diperbolehkan untuk bayi yang berusia 3 bulan ke atas.

Jika bayi Anda sudah berusia lebih dari 6 bulan, Anda juga bisa memberikan ibuprofen sebagai obat pereda nyeri. Namun, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan jenis obat yang tepat dan sesuai dengan kondisi bayi Anda.

Cara Memotong Kaki Bayi yang Benar

Untuk mencegah kuku cantengan kembali pada kaki bayi, disarankan untuk memotong kuku bayi dengan pola yang lurus, bukan melengkung, dan hindari memotong terlalu pendek. Selain itu, hindari memakaikan sepatu dan kaus kaki yang terlalu sempit atau kekecilan kepada bayi Anda.

Dengan melakukan perawatan dengan benar, Anda bisa mengatasi kuku cantengan pada bayi di rumah. Namun, jika terdapat tanda-tanda infeksi pada cantengan, seperti kemerahan di sekitar kuku, nanah, atau ketidakbaikan setelah satu minggu, segera periksakan bayi Anda ke dokter.

BACA JUGA:Masih Ada Sisa Daging Qurban? Yuk Bikin Rendang Dijamin Mantul

Dokter mungkin akan meresepkan krim antibiotik untuk mengobati kuku cantengan pada bayi. Anda dapat mengoleskan krim tersebut pada area yang terkena cantengan sesuai dengan instruksi dokter.

Inilah Cara Mengobati Kuku Cantengan

Kondisi kuku cantengan seringkali menimbulkan rasa sakit, sehingga memerlukan penanganan yang tepat. Pengobatan untuk kuku cantengan dapat dilakukan melalui perawatan rumahan untuk meredakan gejala yang muncul, atau dengan melakukan operasi pencabutan kuku oleh dokter jika kondisi kuku cantengan sudah parah.

Kuku cantengan terjadi ketika ujung atau sisi kuku tumbuh ke dalam kulit jari kaki. Gejala yang umumnya menyertainya meliputi nyeri, pembengkakan, dan penumpukan cairan di sekitar kuku. Jika tidak diobati, gejala tersebut dapat memperburuk kondisi kuku cantengan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kuku cantengan antara lain memotong kuku terlalu pendek, menggunakan sepatu yang terlalu sempit, cedera pada pojok kuku, diabetes, obesitas, dan seringnya melakukan olahraga lari.

Berdasarkan tingkat keparahan kuku cantengan, pengobatannya bisa dilakukan dengan perawatan di rumah atau penanganan langsung oleh dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: