Benarkah Baby Walker Berbahaya untuk Bayi yang Sedang Belajar Jalan? Cari Tahu Yuk!

Benarkah Baby Walker Berbahaya untuk Bayi yang Sedang Belajar Jalan? Cari Tahu Yuk!

Benarkah Baby Walker Berbahaya untuk Bayu yang Sedang Belajar Jalan?--

 

Dari segi perkembangan, alat ini bisa membuat posisi berdiri anak menjadi aneh. Hal ini bisa membuat kakinya melengkung dan jari kakinya menjadi aneh. Penting juga bagi Ibu untuk melihat tanda-tanda awal masalah pada kaki anak.

 

Selain itu, alat ini bisa memberikan tekanan yang tidak diperlukan pada persendian, mengubah cara anak berjalan menjadi tidak normal, dan bisa memengaruhi perkembangan otot anak.

 

Bayi dapat bergerak terlalu cepat

 

Alat beroda ini punya potensi berbahaya, bahkan jika Ibu mengawasi dengan sangat hati-hati. Pasalnya, ketika bayi sudah terampil berjalan, mereka bisa jadi semakin cepat dan sulit untuk Ibu kejar.

 

Bayi bisa dengan cepat menjauh dari orang tua atau pengasuh dan bisa masuk ke situasi berbahaya. Yang lebih sulit lagi, bayi tidak bisa keluar dari alat beroda ini jika terjadi kecelakaan, sehingga mereka terjebak di dalamnya.

BACA JUGA:5+ Aplikasi untuk Mengawasi Penggunaan HP Anak yang Perlu Moms Tahu

 

Dapat menjangkau barang berbahaya

 

Dengan baby walker, bayi lebih mudah mengakses benda-benda di sekitarnya/ Ini termasuk yang berbahaya seperti bahan kimia, obat-obatan, benda panas, atau benda tajam. Bayi juga bisa meraih benda-benda yang sebelumnya di luar jangkauan mereka.

 

Masalahnya, jika orang tua tidak selalu ada di samping si Kecil, ada risiko bayi mengambil dan bahkan memasukkan benda-benda berbahaya ke mulut mereka. Oleh karena itu, penggunaan baby walker tidak disarankan.

 

Efek Samping Lain Penggunaan Baby Walker

 

Selain bahaya, penggunaan baby walker juga dapat memiliki efek samping pada kesehatan bayi, termasuk:

 

1. Meningkatkan risiko ketegangan otot

 

Baby walker dapat menyebabkan ketegangan otot pada bayi, yang dapat memengaruhi perkembangan otot dan membatasi gerakan alami bayi ketika mereka sedang belajar berjalan.

 

2. Menghambat pembelajaran keseimbangan tubuh

 

Saat bayi menggunakan baby walker, mereka tidak perlu menggunakan otot inti mereka untuk mengatur keseimbangan tubuh karena mereka bergantung pada baby walker. Hal ini dapat menghambat perkembangan keterampilan motorik yang dibutuhkan bayi untuk belajar berjalan secara mandiri.

 

3. Membiasakan bayi berjalan dengan cara yang tidak normal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: