Benarkah Baby Walker Berbahaya untuk Bayi yang Sedang Belajar Jalan? Cari Tahu Yuk!

Benarkah Baby Walker Berbahaya untuk Bayi yang Sedang Belajar Jalan? Cari Tahu Yuk!

Benarkah Baby Walker Berbahaya untuk Bayu yang Sedang Belajar Jalan?--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Baby walker, atau yang lebih kita kenal sebagai alat bantu berjalan bayi, adalah perangkat yang cukup umum digunakan untuk membantu anak belajar jalan. Alat ini biasanya mempunyai empat roda dan tempat duduk yang memiliki dua lubang untuk kaki bayi.

 

Meskipun baby walker dapat memberikan kesan mempermudah bayi untuk belajar berjalan, sebenarnya para ahli tidak menyarankan penggunaannya.

 

Ada beberapa alasan mengapa penggunaan baby walker dapat kita anggap tidak baik bahkan berbahaya bagi perkembangan bayi.

 

Sebaiknya, mulailah belajar berjalan pada bayi dengan langkah-langkah perkembangan yang alami, seperti merangkak, menarik diri untuk berdiri, dan kemudian berjalan tanpa bantuan.

 

Lalu, benarkah baby walker berbahaya untuk bayi yang sedang belajar jalan? Simak yuk!

 

Meskipun tujuan penggunaan baby walker adalah untuk melatih anak belajar berjalan, alat ini dianggap berbahaya dan memiliki dampak negatif pada bayi.

 

Tingginya jumlah kecelakaan akibat penggunaan baby walker telah menyebabkan American Academy of Pediatrics (AAP) untuk mengeluarkan larangan terhadap penggunaannya. AAP merupakan asosiasi dokter spesialis anak terbesar di Amerika Serikat,

 

Melansir Halodoc, penelitian juga telah menunjukkan bahwa penggunaan baby walker tidak memberikan manfaat nyata dalam perkembangan anak.

BACA JUGA:Plong! Begini Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi di Rumah

 

Bayi yang menggunakan alat ini tidak belajar berjalan lebih cepat daripada mereka yang tidak menggunakannya. Sebaliknya, penggunaan baby walker dapat mengurangi motivasi bayi untuk belajar berjalan karena mereka memiliki alternatif yang lebih mudah.

 

Bahaya Penggunaan Baby Walker

 

Anak berisiko jatuh

 

Menurut AAP, antara tahun 1990 dan 2014 sebanyak 230.676 anak di bawah usia 15 bulan telah menjalani perawatan medis akibat cedera saat menggunakan baby walker. Dari cedera tersebut, 74 persennya melibatkan bayi yang terjatuh dari tangga saat menggunakan alat beroda ini.

 

Berita baiknya, jumlah cedera ini telah mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Penurunan angka ini mungkin saja karena tingkat kesadaran orang tua akan risiko yang terlibat.

 

Perkembangan kaki kurang tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: