Inilah 4 Hal yang Perlu Disiapkan saat Kegiatan Pra Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Inilah 4 Hal yang Perlu Disiapkan saat Kegiatan Pra Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Persiapan penting untuk acara pra MPLS--picture by www.balipost.com

Sebentar lagi calon peserta didik akan mengikuti kegiatan PLS di sekolah lho.Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) ini juga dapat disebut MPLS. 

Namun, sebelum kegiatan pra MPLS, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Penasaran bukan? Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

Sebelum acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) berlangsung, ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk acara Pra MPLS. Acara Pra MPLS bertujuan untuk memastikan kelancaran acara MPLS. Kegiatan ini biasanya berisi informasi tentang apa saja yang harus disiapkan sebelum hari H, seperti perkenalan panitia, sosialisasi kegiatan MPLS, dan sebagainya.

BACA JUGA:Sudah Tidak Sabar Ikut MPLS? Inilah Gambaran Kegiatannya yang Harus Diketahui Oleh Peserta Didik Baru

Beberapa hal yang perlu disiapkan saat acara Pra MPLS meliputi

1. Pengenalan program, sarana, dan prasarana sekolah.

Para kegiatan ini peserta didik baru akan dikenalkan mengenai apa saja program yang ada di sekolah. Misalnya, Rohis Wajib setiap Senin, Pramuka Wajib, hingga Gerakan Literasi. 

Kemudian, dikenalkan juga sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Calon peserta didik biasanya akan mengelilingi sekolah untuk mengetahui setiap ruangan. Mulai dari halaman loby, ruang guru, kelas, laboratorium, lapangan, toilet, kantin, dan lainnya. 

2. Cara belajar

Pengenalan cara belajar juga biasanya disampaikan secara umum oleh panitia MPLS. Calon peserta didik baru akan diberikan beberapa motivasi belajar di sekolah tersebut.

3. Penanaman konsep pengenalan diri

Pengenalan diri juga biasa dilakukan agar siswa mengerti akan pribadinya. Selain itu, akan berpengaruh juga dengan sikap yang akan ditunjukkan selama mulai sekolah. Misalnya, siswa SMP yang memasuki SMA, akan diberitahu bagaimana cara bersikap lebih mandiri lagi. 

BACA JUGA:Peserta Didik Baru Harus Tahu! Inilah Beberapa Hal yang Wajib Disiapkan sebelum MPLS

4. Pembinaan awal kultur sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: