AHM Kembali Resmikan Pos AHASS TEFA di Bekasi

AHM Kembali Resmikan Pos AHASS TEFA di Bekasi

Perkuat Komitmen di Dunia Vokasi, Honda Kembali Resmikan Pos AHASS TEFA di Bekasi--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan Main  Dealer  Sepeda  Motor  Honda  di  wilayah  Jawa  Barat,  PT  Daya  Adicipta  Motora (DAM) kembali meresmikan Teaching Factory (TEFA) di SMK binaan bekerjasama dengan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Pengembangan kompetensi siswa dalam mempelajari bisnis layanan purna jual sepeda motor ini mulai diimplementasikan di SMK Mitra Industri MM2100, Bekasi sebagai SMK yang menjadi Pos AHASS TEFA kedua di provinsi Jawa Barat.

Peresmian  SMK  Mitra  Industri  MM2100,  Bekasi  sebagai  Teaching  Factory  (TEFA) dilakukan pada Jumat (19/7), dihadiri oleh manajemen AHM, PT Daya Adicipta Motora (DAM), dan Kepala Sekolah SMK Mitra Industri MM2100, Bekasi. SMK Mitra Industri MM2100, Bekasi terpilih sebagai sekolah mitra binaan yang menerapkan proses belajar TEFA, sekaligus menjadi tempat siswa belajar dengan orientasi bisnis layanan purna jual sepeda motor.

General Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Denny Budiman, mengungkapkan bahwa peresmian Pos AHASS TEFA menunjukkan dedikasi perusahaan dalam mendukung pendidikan vokasi. Melalui program ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan industri, terutama dalam bidang layanan purna jual sepeda motor.

“Pos AHASS TEFA adalah langkah awal untuk memperkenalkan siswa pada dunia industri, memberikan  mereka  pengalaman,  pengetahuan,  dan  keterampilan  yang  profesional. Kami berharap program ini dapat melahirkan generasi muda yang kompeten dan siap bersaing,” ujar Denny.

BACA JUGA:Ini Hasil Rapat Satpol PP Karawang Terkait Penamaan The Grand Outlet East Jakarta-Karawang

BACA JUGA:Demokrat Karawang Beri Sinyal Kuat Gabung Koalisi dengan Golkar dan PAN di Pilkada 2024

Konsep TEFA ini hadir di sekolah SMK mitra binaan AHM yang telah memiliki status Grade A+ dan menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK). Selain itu, sebagai Pos AHASS TEFA, sekolah memiliki sarana dan prasarana workshop dengan beragam fasilitas seperti ruang tunggu konsumen, jumlah pit minimal 2 serta fasilitas pendukung lainnya. AHASS yang ditunjuk sebagai pembina akan mendampingi implementasi TEFA dalam hal operasional dan standarisasi kualitas pekerjaan di Pos AHASS TEFA, demi menjamin kepuasan konsumen.

Beragam layanan purna jual bagi konsumen hadir di Pos AHASS TEFA seperti pengerjaan perawatan berkala, pergantian oli serta penggantian suku cadang sepeda motor Honda. Dalam menjaga kualitasnya proses kerja, hasil kerja dan suku cadang yang digunakan, teknisi AHASS mitra akan memastikan setiap proses pengerjaan dan hasil kerja siswa yang dilakukan di Pos AHASS TEFA. 

Kerjasama  antara  SMK  dengan  Honda  tidak  hanya  berupa  kurikulum  teknik  sepeda motor Honda, namun juga berbagai kegiatan dilakukan untuk meningkatkan keahlian siswa dan guru. Seperti uji kompetensi guru dan seminar teknologi, selain itu SMK yang sudah bersertifikat TUK dapat melakukan uji kompetensi secara mandiri.

Secara reguler, untuk meningkatkan dan mengasah skill siswa SMK, DAM mengadakan kompetisi mechanic skill for student tingkat Jawa Barat yang akan mewakili Jawa Barat di ajang  Mechanic  Skill  Contest  for  Student  yang  diselenggarakan  oleh  AHM  setiap tahunnya.

BACA JUGA:Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Panwaslu Serang Baru Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

BACA JUGA:Diluncurkan di GIIAS 2024, BYD M6 Hadir sebagai MPEV Keluarga Indonesia, Berikut Detail dari BYD M6

Untuk mengakomodasi lulusan terbaik SMK KTSM Honda, DAM juga menyediakan dan membuka  kesempatan  untuk  bekerja  di  seluruh  jaringan  bengkel  resmi  Honda  atau AHASS di Jawa Barat. Hingga saat ini DAM dan jaringan AHASS di Jawa Barat telah menerima  lebih  dari  700  lulusan  SMK  bekerja  di  AHASS  setelah  melalui  proses rekrutmen. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: