FTBI Kabupaten Karawang Selesai Digelar, Ini Daftar 28 Siswa SD-SMP yang Lolos ke Tingkat Jabar

FTBI Kabupaten Karawang Selesai Digelar, Ini Daftar 28 Siswa SD-SMP yang Lolos ke Tingkat Jabar

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Disdikpora Karawang, Yanto, saat foto bersama dengan para juara FTBI jenjang SMP (foto atas) dan jenjang SD (foto bawah).-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Sebanyak 28 siswa akan mewakili Kabupaten Karawang berlaga dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Provinsi Jawa Barat, yang digelar di Kota Bogor pada akhir 2024.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Yanto mengatakan, 28 siswa dipastikan jadi andalan Karawang menyusul telah berakhirnya gelaran FTBI di tingkat Kabupaten Karawang.

"28 siswa yang akan mewakili Karawang terdiri dari 14 siswa SD dan 14 siswa SMP," ujar Yanto kepada KBE, Kamis (8/8/2024).

Dijelaskan Yanto, FTBI jenjang SD yang diikuti 271 peserta telah selesai digelar di SMK Rosma Karawang, Sabtu (27/7/2024) lalu. Sedangkan FTBI jenjang SMP yang melibatkan 168 peserta sukses digelar di SMPN 2 Telukjambe Timur, Kamis (8/8/2024).

BACA JUGA:Jelang ke Ibu Kota Nusantara, BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka

"Seluruh peserta bersaing dalam tujuh mata lomba yaitu ngadongeng, nembang pupuh, biantara, ngarang carpon, borangan, maca sajak, dan maca jeung nulis aksara Sunda," ucapnya.

Setelah melalui penilaian juri, kata Yanto, jenjang SD dan SMP melahirkan para juara kategori putra dan putri dari masing-masing mata lomba. Siswa peraih juara satu, dua dan tiga berhak mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan.

"Jumlah uang pembinaan bagi peraih juara satu, dua dan tiga jenjang SD yaitu masing-masing mendapatkan Rp 4 juta, Rp 3 juta dan Rp 2 juta. Sedangkan jenjang SMP sebesar Rp 5 juta, Rp 4 juta dan Rp 3 juta," tuturnya.

Selain mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan, lanjut Yanto, khusus juara satu kategori putra dan putri dari masing-masing mata lomba berkesempatan mewakili Karawang ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:Terlibat Cekcok, Anak Pukul Bapak Tiri Pakai Linggis

"Di FTBI tingkat Jawa Barat tahun ini kami menargetkan bisa meningkatkan prestasi, karena itu peraih juara satu nantinya akan kami bina dengan mendatangkan para ahli," katanya.

"Kami juga berharap dengan adanya FTBI ini siswa di Kabupaten Karawang bisa turut aktif 'ngamumule' bahasa Sunda, karena bahasa Sunda adalah bahasa Ibu yang harus kita jaga jangan sampai hilang,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Koordinator Lomba FTBI jenjang SMP, Wandiyo menambahkan, dalam kejuaran yang mengusung tema 'ngawangun karakter siswa nu mikacinta budaya Sunda', nama-nama peraih juara satu jenjang SMP yaitu Javas Niscalla Wijaya (SMP Dar Er Falah/ngadongeng putra), Siska Afdala Maulana (SMPN 2 Kotabaru/ngadongeng putri), Dani Muhtadi (SMPN 1 Kutawaluya/maca sajak putra), Hilda Herianto (SMPN 1 Rawamerta/maca sajak putri), Daffa Dwi Setiawan (SMPN 1 Telukjambe Timur/biantara putra), Azmi Khusnaya (SMPN 2 Kotabaru/biantara putri).

Selanjutnya, Rifaldi Saputra M (SMPN 1 Karawang Barat/nembang pupuh putra), Ilmia Kamilah (SMPN 1 Rengasdengklok/nembang pupuh putri), Nirwana Esti (SMPN 1 Rengasdengklok/borangan putra), Fiandra Izmayra S (SMPN 2 Kotabaru/borangan putri), Akbar Dian Sidik (SMPN 1 Rengasdengklok/maca jeung nulis aksara Sunda putra), Indri Septia R (SMPN 1 Rengasdengklok/maca jeung nulis aksara Sunda putri), Muhamad Rezqi (SMPN 2 Telukjambe Barat/ngarang carpon putra), dan Nayshita Triyanti S (SMP Dar El Falah/ngarang carpon putri).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: