Satgas Pangan Karawang Monitoring Penyaluran Bantuan CBP di 4 Desa Kecamatan Pangkalan

Satgas Pangan Karawang Monitoring Penyaluran Bantuan CBP di 4 Desa Kecamatan Pangkalan

Tim Satuan Tugas Pangan Karawang melakukan pemantauan secara langsung penyaluran Bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di 4 desa yang terletak di Kecamatan Pangkalan.-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tim Satuan Tugas Pangan Karawang melakukan pemantauan secara langsung penyaluran Bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di 4 desa yang terletak di Kecamatan Pangkalan.

Ketua Tim Satuan Tugas Pangan Syaifullah Karawang menyampaikan, dalam proses penyaluran CBP tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bulog Karawang. Penerima bantuan tersebut ada sebanyak 186.659 dengan beras yang disalurkan seberat 10 kilogram untuk satu Kepala Keluarga (KK). 

"Insyallah penyalurannya CBP ini sudah merata di 30 kecamatan, dan untuk kualitas beras juga Insyallah bagus," ucapnya, Jumat, 9/8/2024.

Ia mengatakan, apabila ditemukan kecurangan ataupun korupsi dalam proses penyaluran CBP, pihaknya akan bertindak tegas dengan segera memanggil para petugas yang bersangkutan. 

BACA JUGA:Rapimkab III Tahun 2024, Kadin Karawang Evaluasi Penetapan Program Kerja

"Kami akan memanggil petugas ketika ada beberapa hal yang tidak dilakukan secara SOP-nya. Mudah-mudahan tidak ada indikasi korupsi," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala bidang perlindungan dan jaminan sosial Dinas Sosial (Dinsos) Asep Ahmad Saepuloh, menerangkan, jumlah penerima bantuan CBP itu diambil dari data Kemiskinan Ekstrim yang dimiliki oleh BAPPEDA. Data ini pun berbeda dari dari DTKS yang dimiliki oleh Dinas Sosial. 

"Data ini dari Kemiskinan Ekstrim dan berbeda dengan data yang ada di DTKS. Data ini kami peroleh dari BAPPEDA," jelasnya. 

Lebih lanjut, Kepala Desa Tamansari, Ai Ratnaningsih mengatakan, untuk penerima bantuan di Desa Tamansari ada sebanyak 590 KPM. Warga yang telah terdata sebagai penerima bantuan, bisa langsung datang ke lokasi dengan membawa KK dan KTP asli.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Bekasi Tetapkan 2.248.871 Orang DPS untuk Pilkada Serentak 2024

"Ada 590 KPM yang kami dapat di Tamansari. Pendataan sudah dari 1 tahun yang lalu. Setiap tahunnya sama sesuai dengan data yang ada, syaratnya mereka cukup membawa KK dan KTP asli serta tidak bisa di wakilkan. Jika memang tidak bisa mengambil langsung maka harus memberikan surat kuasa," paparnya. 

General Manager PT. Pos Karawang, Isnian Adiwijaya untuk tahap penyaluran bantuan CNB ini, direncanakan akan dilaksanakan selama periode Agustus, Oktober dan Desember, dengan menggunakan data penerima yang terbaru.

"Tahap sekarang ada perbaikan data dan sudah di validasi. Seperti misalkan data orang yang sudah pindah kalau dulu diganti dan sekarang penggantinya sudah masuk ke dalam data yang baru. Prosesnya kami serahkan langsung ke masing-masing desa. Kalau untuk yang tahap ini direncanakan untuk periode Agustus, Oktober dan Desember," terangnya. 

Seorang warga Desa Tamansari Sudin (60), mengaku sudah mendapatkan bantuan CBP sebanyak 2 kali. Ia sangat bersyukur bisa menerima bantuan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: