Datangi Pasar Tambun, Bapanas bersama Satgas Pangan Polri Cek Harga Bapok Hingga Uji Kandungan Pestisida

Datangi Pasar Tambun, Bapanas bersama Satgas Pangan Polri Cek Harga Bapok Hingga Uji Kandungan Pestisida

Badan Pangan Nasional (Bapanas) bersama Satgas Pangan Polri melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Tambun, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Selasa (13/8/2024).-Cikarang Ekspress-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Badan Pangan Nasional (Bapanas) bersama Satgas Pangan Polri melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Tambun, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Selasa (13/8/2024).

Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas Nyoto Suwignyo mengatakan kehadiran pihaknya guna memastikan ketersediaan stok dan harga pangan di Pasar Tambun stabil.

"Hari ini kegiatannya adalah kita melakukan monitoring pasokan dan harga dari bahan pokok penting. Misalnya beras, bawang merah, cabai, bawang putih, daging ayam maupun daging sapi," tutur Nyoto di lokasi.

Dari hasil pemantauan, harga cabai rawit merah masih relatif tinggi meski perlahan mengalami penurunan. Satu kilogram cabai rawit merah kini dijual di kisaran harga Rp65-70 ribu.

BACA JUGA:Ketum SMSI Tandatangani MoU Bersama Konselor Kebudayaan Iran Ebrahimi

"Hari ini sudah bagus, bahkan hari ini turunnya bisa Rp5-10 ribu, kalau kemarin Rp80 ribu, hari ini Rp70 ribu. Bahkan tadi ada yang Rp65 ribu. Ini bagus karena di Jawa Timur posisinya sudah Rp60 dan Rp55 ribu," katanya.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas beras dan minyak goreng. Namun, kenaikan tersebut dikatakannya masih dalam batas kewajaran.

Sementara itu, untuk harga komoditas lainnya, seperti telur ayam, daging ayam dan daging sapi relatif stabil.

Selain pemantauan, Bapanas juga melakukan kegiatan uji sampel guna memastikan kualitas dan keamanan komoditas pangan terjaga dari bahan yang mengandung pestisida.

BACA JUGA:Produk Rumah Tapak di Lippo Cikarang Cosmopolis Banyak Diminati

Ada pun komoditas pangan yang diuji dengan metode rapid test yakni cabai, bawang merah, bawang putih, wortel, dan tomat.

"Kami sudah melakukan uji pestisida terhadap komoditas-komoditas yang dijual di Pasar Tambun. Semuanya masih aman dari pestisida dan masih layak konsumsi dan aman untuk kesehatan," ucapnya.

Bila terdapat komoditas yang mengandung unsur berbahaya, maka Bapanas akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) setempat untuk melakukan uji sampel secara lebih spesifik.

BACA JUGA:Keren Abis! Inilah 3 Fitur Galaxy AI On Device di Galaxy Z Flip6, Mempermudah Kegiatan Sehari-Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: