Gerindra Tunggu PAN Setujui Persyaratan Untuk Bentuk Fraksi Gabungan di DPRD Karawang

Gerindra Tunggu PAN Setujui Persyaratan Untuk Bentuk Fraksi Gabungan di DPRD Karawang

DPC Partai Gerindra menyatakan akan membuka pintu selebar-lebarnya kepada Partai Amanat Nasional (PAN) untuk bersama-sama membentuk fraksi gabungan di DPRD Kabupaten Karawang.-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - DPC Partai Gerindra menyatakan akan membuka pintu selebar-lebarnya kepada Partai Amanat Nasional (PAN) untuk bersama-sama membentuk fraksi gabungan di DPRD Kabupaten Karawang. 

Meskipun PAN sudah merapat, DPC Partai Gerindra mengaku masih menunggu jawaban tegas dari PAN mengenai sejumlah persyaratan yang telah diajukan Partai Gerindra. 

Usai dilantik, Anggota DPRD Kabupaten Karawang periode 2024-2029 diminta untuk segera membentuk fraksi. Berdasarkan hasil Pileg 2024 kemarin, sebanyak 8 partai politik (parpol) telah dinyatakan berhasil lolos melanggeng duduk di kursi legislatif.

Kedelapan parpol beserta perolehan kursinya, yaitu Partai Gerindra meraih 8 kursi, Partai Demokrat mendapatkan 8 kursi, Partai NasDem memperoleh 7 kursi, PKS menyabet 7 kursi, PKB meraih 6 kursi, Partai Golkar meraih 6 kursi, PDI Perjuangan mendapatkan 6 kursi, dan PAN memperoleh 2 kursi.

BACA JUGA:8 Pengedar Narkotika di Kabupaten Bekasi Ditangkap, Barang Bukti 529,87 Gram Ganja hingga Bibit Sinte 455 Gram

BACA JUGA:Buntut Persekusi Kiai NU di Rengasdengklok, Polres Karawang Dikepung Ratusan Jamaah Nahdliyyin

PAN yang hanya memiliki keterwakilan di DPRD sebanyak 2 anggota legislatif, maka perlu untuk bergabung dengan parpol lain dalam membentuk fraksi. PAN merupakan salah satu partai yang masuk dalam koalisi indonesia maju (KIM).

Diketahui, PAN sudah menyampaikan surat permohonan kepada Partai Gerindra untuk bergabung bersama membentuk fraksi. Namun, niat PAN itu belum sepenuhnya langsung diterima oleh Partai Gerindra.

DPC Partai Gerindra memberikan persyaratan yang cukup berat kepada PAN jika ingin bergabung bersama fraksi Gerindra.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Karawang Endang Sodikin atau Kang HES menyampaikan, pada saat konsolidasi Pilkada kemarin, pihaknya sejak awal sudah terbuka kepada PAN untuk bisa ikut bergabung kedalam fraksi.

BACA JUGA:Dipepet 3 Orang Tak Dikenal saat Pergi ke Warung, Pria di Dekat Bandara Soetta Jadi Korban Curas

BACA JUGA:Gandeng OJK, Puteri Komarudin Ajak Masyarakat Bekasi Waspada Pinjol Ilegal

"Partai Gerindra dari awal, dari bulan Mei, memang ketika undangan konsolidasi Pilkada itu, kami terhadap PAN sangat terbuka untuk bersama-sama membentuk fraksi gabungan," ujar Kang HES, kepada karawangbekasi.disway.id, Rabu, 14/8/2024.

Ia menjelaskan, Partai Gerindra juga menyambut baik surat permohonan dari PAN untuk membentuk fraksi gabungan yang direncanakan akan menggunakan nama Fraksi Gerakan Amanat Nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: